Apa itu Brand Awareness?

Cara Bisnis Online

Apa sih yang pengertian Brand Awareness? Saat mendengar “Brand Awareness”, mungkin sebagian orang masih asing mendengarnya.

Pengertian Brand Awareness

Brand Awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat maupun mengenali sebuah produk atau merek. Apa saja yang bisa diingat maupun dikenali konsumen? Contohnya nama, logo dan slogan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk.

Apakah Brand Awareness itu Penting?

Dalam sebuah bisnis, brand awareness sangatlah penting. Kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali merek sangatlah penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Brand adalah hal pertama yang muncul dipikiran konsumen Anda ketika mereka akan membeli sesuatu. Tak hanya mengundang konsumen untuk membeli produk Anda, tapi juga membuat konsumen untuk terus membeli produk dari bisnis Anda. Kebanyakan orang bisa saja membeli barang menggunakan produk dari nama yang mereka percaya dan mudah untuk dikenali. Namun brand awareness tidak berarti bahwa konsumen harus dapat mengingat nama merek, tapi ia dapat mengingat ciri khas pembeda dari bisnis pesaing Anda.

Apakah Manfaat lain dari Brand Awareness?

Brand Awareness dapat menambah nilai bagi suatu produk. Jika Anda berinvestasi untuk membangun brand awareness, tentunya dapat membantu bisnis Anda tetap bertahan dan semakin maju. Brand Awareness juga bisa digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah brand. Setiap tahunnya, perusahaan akan berinvestasi untuk memperbaiki dan menaikan tingkat brand awareness mereka. Selain itu brand awareness juga menjadi kunci penting dalam perencanaan pemasaran dan pengembangan strategi dalam bisnis.

Tingkatan Brand Awareness

Para peneliti berpendapat bahwa tingkatan Brand Awareness telah didefinisikan menjadi:

  1. Brand Recognition

Ini adalah Jenis Brand Awareness dengan tingkatan yang paling rendah. Brand Recognition adalah kemampuan konsumen baru dalam mengenali suatu merek maupun produk. Ingatan konsumen hanya sebatas mengenal produk atau merek Anda. Namun mereka membutuhkan alat bantu untuk mengingatnya.

  1. Brand Recall

Brand Recall adalah kemampuan konsumen untuk mengingat suatu merek maupun produk dari ingatan mereka. Berbeda dengan brand recognition, brand recall cukup membutuhkan penyebutan ulang untuk mengingat merek atau produk. Misalnya konsumen hanya mendengar dan melihat sekilas produk yang mereka butuhkan.

  1. Top Of Mind Awareness

Ini adalah jenis Brand Awareness dengan tingkatan tertinggi dimana suatu merek atau produk tertentu telah membenak di hati para konsumen. Konsumen ataupun calon konsumen tak perlu mengingat ataupun memikirkan produk dari merek lain.

Nah itulah pengertian Brand Awareness dan jenis Brand Awareness berdasarkan tingkatnya. Semoga informasi yang kami bahas ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda.

About Isnainy Nasrullah

Praktisi bisnis online dan spesialis wordpress developer. Membantu klien untuk skema digital marketing dan menyenangi simple manajemen di UKM

View all posts by Isnainy Nasrullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *