Cara Membuat Merek Dagang yang Mudah Diingat Konsumen

Cara Bisnis Online

Nah, merek dagang adalah nama produk yang sedang diperjualbelikan. Tanpa adanya merk dagang, produk akan sulit dikenali, orang akan sulit mendeskripsikan produk apa yang sebetulnya sedang diperjualbelikan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya produk lebih mudah diingat orang sehingga lebih banyak orang yang mengenalnya:

  1. Merangkai dua sampai tiga suku kata (2-3 kata)

Merek dagang yang terlalu panjang akan menyulitkan konsumen. Pilih nama yang singkat saja. Misalnya merek dagang yang sudah familiar yaitu teh pucuk, teh gelas, teh botol sosro, kecap bangau, dan lain- lain. Merek dagang itu kedengarannya memang biasa, tetapi berbeda, mudah dideskripsikan, simpel, dan friendly. Hanya dari 2-3 kata yang kemudian bisa dikenal orang dengan mudah.

  1. Mudah dalam pengucapannya

Produk bisa terkenal melalui siapa saja, maka lebih baik jika memilih merek dagang yang siapapun bisa mengucapkannya. Bila pada awalnya produk akan dijual di Indonesia, maka gunakan merek dari bahasa Indonesia, bukan bahasa asing. Sekalipun nanti sudah dikenal sampai ke manca negara pun tidak akan jadi masalah. Bagi orang biasa mungkin akan sedikit membawa efek malas kalau dari namanya saja sudah sulit diterjemahkan.

  1. Nama yang unik dan sederhana

Sesuatu yang unik lebih membuat orang tertarik. Seperti saja orang yang akan berjualan es, lalu ia memilih nama es buto ijo, bakso granat. Nah, bikin penasaran, kan?

  1. Mudah dideskripsikan

Untuk produk yang bukan pangan, misalkan sandang memakai merek yang tidak menonjolkan barang yang dijual tidak masalah, tetapi lain halnya dengan merek makanan, minuman, atau sabun. Misal sabun Easy yang artinya mudah, sesuai dengan jargon promosinya, nyuci jadi enteng. Lalu, Teh Pucuk yang diambil dari daun teh pilihan.

 

Jika sudah memilih merek dagang yang sudah sesuai, maka jangan lupa membuat promosi yang me
narik. Promosi bisa berasal dari kalimat yang singkat mendeskripsikan keunggulan produk. Merek dagang tidak akan berhasil tanpa promosi yang baik juga. Sekian informasinya, selamat berbisnis dan semoga sukses.

About Isnainy Nasrullah

Praktisi bisnis online dan spesialis wordpress developer. Membantu klien untuk skema digital marketing dan menyenangi simple manajemen di UKM

View all posts by Isnainy Nasrullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *