Ingin Jualan Online ? Kenali Dulu Beda Online Shop, Marketplace dan Ecommerce

Cara Bisnis Online

Untuk mengetahui mana jenis bisnis online yang paling sesuai dengan minat dan karakteristik Anda, Anda harus tahu, nih, perbedaan antara online shop, marketplace, dan e-commerce. Sebab, banyak juga yang belum mengetahui.

1. Online Shop

Sebutan lainnya ialah toko online yang merupakan sistem belanja online dimana semua konsumen yang ingin membeli bisa bertanya harga langsung atau pertanyaan apa saja kepada penjualnya. Melalui sosial media yang digunakan pun bisa. Online shop sering dilakukan di media sosial seperti facebook, pinterest, instagram. Di sana harga di online shop juga masih bisa nego.

2. Marketplace

Marketplacet atau tempat pasar yang digunakan transaksi berada dalam sebuah website yang terdapat promosi barang dagangan dan fasilitas transaksi uang. Website tersebut menerima toko-toko offline yang ingin bergabung dalam website tersebut. Sehingga websiter berisi tempat berjualan dari kumpulan toko-toko. Harga, barang, dan rincian sudah jelas di sana. Transaksi sebelum terjadi deal bisa dilakukan melalui komen dan chat pribadi. Transaksi dilakukan dengan menekan tombol beli/ masukkan keranjang dan sejenisnya, kemudian mentransfer uang melalui bank atau sejenisnya, lalu barang dikirim melalui jasa pengiriman barang dengan jangka waktu yang sudah dibatasi. Bagi pemilik marketplace memberikan sejumlah aturan yang harus dipatuhi dan diterima oleh penjual dan pembeli. Contoh: shopee, bukalapak, dan tokopedia.

3. E-commerce

E-commerce tidak jauh dengan marketplace. Hanya saja tidak membuka lapak kepada toko-toko lain. Harga, rincian produk sudah tertera jelas di dalamya. Cara transaksi juga dengan cara menekan tulisan beli atau semacamnya, lalu mentranfer uang dan barang dikirim. Contoh: lazada dan zalora.

Perbedaannya memang hampir sama, ya. Tak beda jauh. Dan, mungkin yang belum tahu sebelumnya akan menganggapnya sama dengan sebutan online shop. Nah, sudah tahu, kan? Silakan menentukan mana yang paling Anda minati untuk berbisnis atau mau berlangganan di online shop, marketplace, atau e-commerce yang bagi Anda paling menguntungkan. Selamat mencoba dan selamat berbelanja.

About Isnainy Nasrullah

Praktisi bisnis online dan spesialis wordpress developer. Membantu klien untuk skema digital marketing dan menyenangi simple manajemen di UKM

View all posts by Isnainy Nasrullah →

One Comment on “Ingin Jualan Online ? Kenali Dulu Beda Online Shop, Marketplace dan Ecommerce”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *