Kesalahan Keuangan Bisnis UKM Yang Kerap Dilakukan

Cara Bisnis Online

Kesalahan Keuangan Bisnis UKM Yang Sering Dilakukan – Apakah kamu termasuk salah satu pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah)? Menjadi salah satu pelaku bisnis yang terjun dalam bidang usaha UKM memang memberikan tantangan tersendiri, bukan? Banyak hal yang harus dikerjakan, mulai dari segi produk, pemasarannya, memenuhi kebutuhan sumber dayanya, hingga mengatur keuangan. Memang benar adanya, mengeluti dunia bisnis, baik itu skala besar ataupun kecil, mengelola keuangan itu harus dilakukan dengan baik. Mengapa seperti itu? Sebab, keuangan adalah modal dasar yang harus ada saat menjalankan usaha. Sehingga, setiap pemasukan, pengeluaran, hingga peminjaman uang harus didata dengan baik demi kelangsungan usaha yang kita jalankan. Menjalankan usaha bukan hanya sekedar tentang menghasilkan uang, melainkan juga bagaimana kita mampu membelanjakan uang tersebut dan mengendalikannya dengan baik. Namun, dalam menjalankan usaha pastilah ada beberapa kesalahan keuangan bisnis UKM yang sering dilakukan yang tanpa kita sadari dapat membahayakan jalanannya bisnis kita. Apa sajakah itu? Uraiannya ada di bawah ini.

Berikut, beberapa kesalahan keuangan bisnis UKM yang sering dilakukan yang sebaiknya harus kita hindarkan dilakukan dalam menjalankan suatu bisnis UKM, yaitu:

  • Tidak adanya pemisah keuangan antara keuangan usaha dengan uang pribadi pelaku usahanya. Hal ini yang sering terjadi. Kebanyakan pemilik bisnis UKM masih mencampurkan uang antara untuk keperluan pribadi dengan keperluan usahanya. Resiko yang bisa didapatkan yaitu tidak mengetahui keuntungan dan kerugian yang dimiliki dalam usahanya secara pasti.
  • Tidak mempunyai perencanaan keuangan yang matang. Biasanya, pemilik bisnis UKM menggerjakan semuanya sendirian, sehingga segala sesuatu pengeluaran dan pembelanjaan dilakukan berdasarkan insting saja. Bila tidak ada penanganan langsung dalam perencanaan keuangan yang matang, maka dapat mengakibatkan dampak buruk bagi keberlangsungan bisnisnya.
  • Tidak memiliki laporan keuangan, seperti laporan laba-rugi, neraca, dan arus kas. Bila tidak memiliki laporan keuangan yang jelas dan rapi maka akan sangat berakibat buruk pada usaha yang dijalankan. Untuk itulah pemilik bisnis UKM harus paham mengenai laporan keuangan supaya bisnisnya dapat mengatur keuangannya dengan baik demi kelangsungan usahanya sendiri.

Melakukan manajemen keuangan itu sangat penting dalam menjalankan bisnis UKM, meskipun hanya sekedar melakukan pencatatan di buku kas kecil. Kamu haruslah mengetahui bagaimana arus masuk keluarnya uang hingga keuntungan dan kerugiannya.  Supaya terhindar dari kesalahan keuangan bisnis UKM yang sering dilakukan sebaiknya pemilik bisnis UKM perlu memiliki strategi keuangan yang baik sebagai upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik. Itu saja sekiranya yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

About Isnainy Nasrullah

Praktisi bisnis online dan spesialis wordpress developer. Membantu klien untuk skema digital marketing dan menyenangi simple manajemen di UKM

View all posts by Isnainy Nasrullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *