Manfaat Memiliki Laporan Keuangan Usaha

Cara Bisnis Online

Laporan keuangan dalam sebuah bisnis selalu dibuat ataupun dalam lingkup perekonomian rumah tangga melainkan karena memang banyak manfaatnya selain karena keberadaannya tak bisa dilepaskan dari usaha apapun yang berdiri. Perusahaan membuat laporan keuangan ini pun karena telah memahami betul manfaatnya dan apa risikonya apabila laporan keuangan ini tidak dibuat. Maka, kami sajikan beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui bagi yang belum mengetahuinya:

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Dari pengeluaran dan pemasukan yang masuk, maka akan diketahui untuk apa uang digunakan. Jika memang sekiranya uang yang keluar terlalu banyak atau pemasukan yang kurang/ tidak sama dengan yang diperkirakan, maka dapat segera diambil keputusan. Langkah apa yang akan dilakukan untuk memperbaiki supaya jalannya keuangan menjadi lebih lancar.

2. Sebagai Bahan Berinovasi

Ketika laporan keuangan sedang lancar, sebuah ide baru untuk kemajuan bisnis perusahaan dapat dilakukan. Sebab saat keuangan tidak lancar, ide tidak mungkin dikeluarkan bila tak mau berantakan.

3. Sebagai Penanggungjawaban

Laporan keuangan digunakan untuk mempertanggungjawabkan semua yang telah terjadi di dalam proses jalannya bisnis. Pemegang laporan keuangan dimintai tanggungjawabnya untuk menjelaskan. Dari laporan keuangan itulah semuanya akan diketahui.

4. Sebagai Acuan Pengambilan Keputusan

Lancar atau tidaknya laporan keuangan atau apa-apa yang terjadi di dalamnya merupakan sarana bagi pemegang perusahaan mengambil keputusan segera menindaklanjuti atau melakukan pembaharuan.

5. Sebagai Penilaian

Acuan bagi para investor yang kemungkinan berminat bekerjasama dengan bisnis Anda. Bila laporan keuangan perusahaan lancar tanpa kendala, maka tidak ada masalah yang perlu dipertimbangkan bagi para investor untuk bekerjasama. Pertimbangan utama pasti di keuangannya.

6. Sebagai Bantuan Meminjamkan Uang

Jika ada orang yang hendak meminjam uang, maka hal itu dapat dilakukan atau tidak dari laporan keuangan yang ada. Kebanyakan pengusaha tidak akan berani meminjamkan uang bila keuangan bisnis sedang carut marut atau ada kendala.

Untuk lebih jelasnya silakan membaca dari buku yang bersangkutan. Tetapi, paling tidak dengan informasi di atas dapat membantu menambah wawasan pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

About Isnainy Nasrullah

Praktisi bisnis online dan spesialis wordpress developer. Membantu klien untuk skema digital marketing dan menyenangi simple manajemen di UKM

View all posts by Isnainy Nasrullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *