10 Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal yang Menguntungkan – detikFinance

ADVERTISEMENT
Bisnis online kini menjadi lahan yang menjanjikan untuk menghasilkan cuan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu menjadi reseller.
Kamu bahkan bisa menjadi reseller tanpa modal uang. Cukup dengan ponsel dan jaringan internet kamu bisa mulai memasarkan produk-produk dagangan ke calon pembeli potensial via online shop atau media sosial.
Nah simak tips menjadi reseller tanpa modal yang menguntungkan di bawah ini ya!
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Mengutip Indeed, reseller biasanya membeli produk dengan tujuan menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Reseller biasanya membeli barang dalam jumlah besar dari produsen dan biasanya mendapatkan diskon, lalu mereka menjualnya secara eceran.
Reseller juga bisa dipahami sebagai penjual yang menjual barang milik penjual lain (bukan barang miliknya). Seorang reseller dapat membantu memasarkan penjualan dari penjual lain.
Dikutip dari penelitian Nur Hasanah dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, sistem yang diterapkan reseller dalam ilmu manajemen termasuk sebagai strategi distribusi tak langsung (indirect). Distribusi tak langsung ini didefinisikan sebagai penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara yang dilakukan oleh agen, makelar atau reseller.
Kelebihan reseller daripada agen yaitu reseller tidak mendapat upah dari produsen secara langsung, dan mendapatkan upah melalui harga khusus yang diterapkan untuk reseller, sehingga reseller akan mendapat upah dari harga yang kurang dari harga yang dipasarkan produsen.
Baik produsen maupun pihak reseller mendapatkan keuntungan meski tidak ada ikatan resmi yang terjalin dari kedua belah pihak. Meski begitu, antara pihak reseller dan pelaku usaha utama biasanya diikat dalam perjanjian jual beli yang telah disepakati bersama.
Menjadi reseller menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan menjadi reseller seperti dikutip dari Indeed:
Menjadi reseller tidak membutuhkan modal besar. Sebab, produk yang dijual reseller merupakan barang jadi dari pabrik atau supplier sehingga reseller tidak mengeluarkan biaya produksi.
Selain itu, ketika sudah memiliki pangsa pasar yang mapan, reseller bisa dengan cepat memenuhi pesanan klien. Hal ini pun bisa terwujud jika reseller sudah memiliki produsen atau supplier yang bisa memenuhi pesanan dalam waktu singkat.
Menjadi reseller memungkinkan kamu bekerja secara fleksibel. Kamu bisa memilih dari banyak produsen dan jenis produk apa yang ingin kamu jual.
Jika kamu reseller kecil yang tidak menyimpan stok banyak, sangat mungkin kamu beralih produk lain untuk memaksimalkan keuntungan.
Fleksibilitas dan profitabilitas menjadi seorang reseller memudahkanmu untuk melakukan ekspansi bisnis dengan cepat. Terlebih jika kamu menggunakan online marketing sebagai saluran pemasaran.
Dengan memahami pasar dan menjalin hubungan yang baik dengan supplier, sangat mungkin kamu mencapai keuntungan besar dengan modal yang rendah.
Reseller seringkali menikmati berbagai dukungan dari pabrik maupun produsen produk. Terkadang pihak pabrik maupun produsen memberikan dukungan teknis, pemasaran, dan logistik untuk membantu operasional reseller mereka.
Mereka juga kadang menyediakan pelatihan untuk membantu reseller memahami fitur, fungsi, dan manfaat dari dagangan mereka. Hal ini tentu berguna bagi reseller ketika menjelaskan produk yang mereka jual kepada konsumen.
Menjadi seorang reseller tidak terikat persyaratan pendidikan tertentu tapi bergantung pada industri atau produk yang mereka jual. Seorang reseller sembako misalnya, bisa menjadi reseller dengan ijazah SMA atau sederajat.
Sementara jika kamu ingin menjadi reseller software dan produk teknis lainnya, kamu perlu memahami fitur dan fungsi item tersebut untuk membantu pembeli memilih produk yang tepat.
Menjadi reseller dalam skema jual beli online tentu tidak sulit bahkan untuk pemula sekalipun. Namun ada beberapa hal yang patut menjadi catatan, sehingga bisa dipercaya pelanggan dan supplier.
Berikut syarat menjadi reseller tanpa modal dikutip dari penelitian Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya:
Nah itulah cara menjadi reseller tanpa modal yang menguntungkan. Tentu saja berbisnis memiliki tantangannya tersendiri, termasuk menjadi seorang reseller.
Namun selama mendatangkan keuntungan tidak ada salahnya mencoba detikers! Kamu hanya perlu cermat dan tekun dalam mencari peluang. Semoga berhasil ya!
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.