10 Cara Promosi Paling Ampuh dengan WhatsApp Marketing – detikFinance

ADVERTISEMENT
WhatsApp marketing merupakan istilah yang digunakan dalam pemasaran digital saat ini. Apakah WhatsApp marketing termasuk digital marketing?
WhatsApp (WA) sendiri adalah aplikasi sosial media yang menyediakan banyak layanan untuk bertukar pesan, melakukan panggilan video/suara, mengirim gambar, audio hingga file secara gratis. Aplikasi ini telah banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia, sehingga dijadikan sebuah peluang bagi suatu brand.
Dengan demikian, WhatsApp juga dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan kegiatan bisnis termasuk promosi untuk penjualan ke pelanggan atau customer. Dari sinilah, istilah WhatsApp marketing muncul.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
WhatsApp marketing adalah salah satu tools di WhatsApp yang digunakan kegiatan bisnis, memasarkan suatu produk atau jasa. Jadi, bisa dikatakan kalau WhatsApp marketing termasuk alternatif penerapan digital marketing.
WhatsApp sebagai digital marketing mampu untuk meningkatkan fungsi pemasaran, dengan berbasis internet, melalui teknologi informasi dan komunikasi.
Selain itu, pihak WhatsApp sendiri juga telah mengizinkan penggunanya untuk melakukan bisnis, untuk mengirim pesan promosi dengan menggunakan kombinasi fitur WhatsApp Business App dan WhatsApp Business Application Programming Interface (API).
Kenapa WhatsApp marketing? Dengan adanya layanan WhatsApp Business, tentunya pebisnis bisa melakukan WhatsApp marketing secara lebih mudah.
Berikut merupakan beberapa manfaat dari penggunaan WhatsApp marketing, antara lain:
Manfaat WhatsApp marketing adalah bisa membuat pebisnis lebih cepat dan efisien untuk menjangkau dan melayani pelanggan secara online. Penjual juga bisa membangun kedekatan dengan pelanggan, untuk memasarkan produk beserta detailnya melalui chat pribadi misalnya.
Dalam aplikasi WhatsApp tersedia juga fitur untuk membuat grup berisi ratusan orang. Nah, di sana lah kita bisa berbagi informasi dan promosi ke banyak orang. Di situ lah grup berguna untuk berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan.
Dilansir laman resminya, WhatsApp Business mengklaim bahwa menggunakan percakapan melalui aplikasi ini, mampu untuk mempercepat perjalanan pembeli. Salah satu alasannya, karena di WhatsApp kita bisa menjaring banyak pembeli, di mana peluang penjualan juga akan semakin banyak.
Manfaat dari penggunaan WhatsApp marketing selanjutnya yaitu, WhatsApp bisa membantu dalam memantau titik pengiriman secara live. Hanya dengan menggunakan titik koordinat lokasi, untuk dikirimkan baik itu ke kurir maupun pelanggan.
Dalam bisnis, WhatsApp mampu menjadi sarana kita untuk terhubung dengan pelanggan melalui pesan. Seperti diketahui, awalnya WhatsApp merupakan platform untuk membantu para penggunanya berkirim pesan. Dengan begitu, kita juga mungkin bisa mempertahankan prospek pembelian dari pelanggan, dari pengalaman pengiriman pesan ini.
Dikutip dari repository Universitas 17 Agustus Surabaya karya Ferdinand Setiawan, berikut adalah tips sekaligus cara promosi di WhatsApp marketing:
Cara untuk memasarkan produk dengan WhatsApp marketing adalah mencari kontak para calon pelanggan. Misalnya, beberapa kontak calon pelanggan atau pembeli itu bisa kamu dapatkan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram hingga Twitter.
Selain itu, pebisnis juga bisa didapatkan kontak HP calon pelanggan saat menggelar atau mengikuti pameran produk. Para cara calon pelanggan nantinya diminta mengisi data seperti nomor WA supaya bisa mengikuti promo.
Jika perlu, kita bisa meminta calon pelanggan untuk menyimpan nomor kita. Apabila kontak calon pelanggan sudah terkumpul, pebisnis bisa membuat grup atau langsung mengirim pesan broadcast ke daftar pelanggan tersebut untuk melakukan promosi.
Merek yang unik dan menarik termasuk salah satu strategi penting untuk memakai Whatsapp marketing dalam mempromosikan bisnis. Hal ini juga bisa membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita hingga mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Ketika ingin melakukan Whatsapp marketing, penting bagi para pebisnis untuk mengetahui cara membuat suatu kalimat promosi. Tujuannya, agar seseorang tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Kita bisa menerapkan teknik hypnotic writing pada judul. Hypnowriting adalah teknik (termasuk copywriting) membuat tulisan untuk mempengaruhi para pembacanya, agar melakukan tindakan sesuai tujuan dari sebuah promosi atau iklan.
Broadcast merupakan fitur yang digunakan untuk membagikan pesan ke beberapa orang sekaligus. Pesan broadcast tersebut berisi informasi dan promosi produk yang kita dijual.
Dalam strategi Whatsapp marketing, membagikan pesan broadcast tersebut perlu dilakukan secara rutin. Namun tidak harus setiap jam atau setiap hari juga.
Misalnya, broadcast promosi bisa dilakukan selama 2 kali dalam seminggu atau setiap ada peluncuran produk baru. Penting untuk diperhatikan juga, supaya target pelanggan tidak terganggu akan hal tersebut, kita harus mengirimkan informasi yang relevan dalam menawarkan produk.
Penggunaan aplikasi WhatsApp untuk WhatsApp marketing, membuat pebisnis maupun pekerja bisa menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan calon pembeli. Oleh sebab itu, pastikan juga memiliki sumber daya yang cukup untuk menjawab chat pelanggan.
Bergabung dan berinteraksi dalam suatu grup menjadi cara awal untuk mempermudah pebisnis dalam melakukan promosi. Sesama pebisnis atau pelanggan, kita juga perlu mengenal para anggota grup, agar penerapan WhatsApp marketing lebih mudah dilakukan.
Sejatinya, kita juga tidak bisa langsung atau mengenal semua anggota grup. Pasalnya, hal tersebut mungkin membutuhkan waktu.
Sebagai penjual, kita bisa mencoba untuk mempromosikan produk secara bertahap.
Untuk mendapatkan pendapatan tambahan, bahkan kita juga bisa mencoba untuk menerima reseller. Reseller adalah pihak yang menjualkan kembali produk kita.
Reseller itu sendiri bisa berasal dari pelanggan yang ingin mencoba tertarik berbisnis dengan kita. Jika ada yang tertarik, kita bisa mengarahkan reseller dalam satu grup. Kemudian membinanya untuk mengajarkan bagaimana cara menjual produk-produk tersebut.
Konsisten dalam memasarkan produk menjadi kunci untuk mendapatkan penjualan yang melimpah. Untuk itu, manfaatkanlah fitur yang ada WhatsApp dalam melakukan WhatsApp marketing.
Mengutip laman DelightChat, berikut adalah contoh kalimat untuk WhatsApp marketing:
Kalimat promosinya: Bonjour! Halo bestie, kami baru saja meluncurkan french press minimalis yang membantu kamu menyeduh kopi nikmat di rumah lho. Produk ini adalah produk eksklusif kamu. Kami juga ingin banyak orang mencoba dan menikmati sensasinya.
Jadi, kami menawarkan diskon 35% hingga 50% selama 7 hari ke depan. Tunggu apalagi? Jangan sampai kehabisan, karena stok terbatas. Kamu bisa beli sekarang di tautan ini (link tautan). Bagi kamu yang mengikuti masa promo, akan ada ongkir gratis!
Hari Valentine tinggal beberapa hari lagi nih, butuh hadiah buat orang tersayang di hari spesial nanti?
Hari Valentine akan lebih spesial lagi, karena ada diskon menarik dari toko kami. Dapatkan diskon hingga 50% untuk setiap koleksi coklat dan buket bunga di toko kami, dengan minimal pembelanjaan Rp 200.000 saja!
Dapatkan gratis ongkos kirim, jika kamu memesan dalam 24 jam ke depan. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan bungkus kado saat melakukan checkout secara GRATIS!.
Itu tadi penjelasan manfaat pemakaian WhatsApp marketing sebagai strategi pemasaran. Apakah detikers juga mau atau bahkan sudah membuka toko online di WhatsApp?
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

Leave a Reply

About Me

Kami adalah perusahaan pemasaran sosial. Kami memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan pemasaran digital, seo dan media digital.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.