10 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan – detikBali

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang sedang digandrungi di beberapa waktu terakhir ini. Trend mengoleksi tanaman hias dimulai sejak pandemi ketika masyarakat memiliki banyak waktu di rumah dan menjalankan hobinya ini.
Peningkatan trend dalam mengoleksi tanaman hias di masyarakat tentu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Penjual tanaman hias kebanjiran pesanan karena kesukaan masyarakat terhadap hal ini.
Nah, bagi kamu yang berniat untuk menjalankan bisnis tanaman hias, kita akan coba membantu dengan memberikan beberapa tips untuk memulainya. Mari simak penjelasannya di bawah ini!
Untuk memulai bisnis, tentu kamu memerlukan berbagai persiapan untuk mendukung keberlangsungan bisnis, termasuk juga bisnis tanaman hias. Dirangkum dari buku Sukses Menulis Tanaman Hias yang ditulis oleh Tim Redaksi PS, berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis tanaman hias.
Langkah pertama untuk memulai bisnis di bidang ini adalah dengan memperluas wawasan mengenai tanaman hias. Hal ini mutlak diperlukan agar bisnis berjalan dengan baik.
Jika kamu menjual tanaman hias tetapi tidak mengetahui cara merawat atau tanaman hias mana yang populer tentu akan menimbulkan kesan negatif di mana konsumen. Luaskanlah wawasanmu mengenai berbagai jenis tanaman hias beserta sejarah, asal-usul, cara merawat, harga pasar, dan pengetahuan lain yang berhubungan.
Wawasan yang luas saja masih belum cukup, sebagai pebisnis kamu juga harus mengenal trend di masyarakat. Kamu harus mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi dalam dunia tanaman hias.
Seorang pebisnis juga harus mempunyai kemampuan untuk memprediksi jenis tanaman hias yang dapat menjadi trend. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan penjualan karena masyarakat cenderung akan membeli barang yang trendy.
Ketika memulai bisnis, tentu produk tanaman hias yang dijual perlu perawatan yang baik. Hal ini bertujuan agar tanaman hias berada di dalam kondisi yang baik sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya.
Setiap usaha perlu perencanaan yang matang agar bisa berjalan dengan baik, termasuk juga usaha tanaman hias. Kamu bisa membuat perencanaan dengan melakukan analisis SWOT. Analisis tersebut akan membantumu untuk membuat perencanaan bisnis dan mengatur strategi yang tepat.
Setiap usaha tentu membutuhkan modal agar bisnis dapat beroperasi, termasuk dalam bisnis tanaman hias. Modal tanaman hias ini diperlukan untuk membeli bibit, media tanam, dan tempat untuk berjualan.
Pebisnis harus mampu menemukan potensi pasar dan mengetahui seberapa besar minat pasar terhadap tanaman hias. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menganalisis tanaman apa yang disenangi oleh target pasarmu.
Dengan menganalisis pasar, kamu akan mengetahui apa yang mereka cari dan sukai. Dengan begitu, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk para pelanggan bisnis tanaman hias.
Pemilihan lokasi juga menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Pilihlah lokasi yang berpotensi besar, yaitu di tempat yang ramai dan mudah dijangkau oleh orang-orang.
Untuk memperbesar peluang kesuksesan bisnis, tentu perlu dilakukan promosi. Promosi dilakukan sesuai dengan strategi yang sudah ditentukan saat membuat business plan.
Kamu bisa mulai dengan mempromosikannya kepada orang terdekat seperti keluarga dan teman. Media sosial seperti Instagram atau TikTok juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan promosi
Pemilihan tanaman hias juga bisa menentukan kesuksesan dalam usaha. Pilihlah tanaman hias yang memiliki daya jual yang tinggi dalam bisnis yang kamu kelola.
Selain menjual tanaman hias, sebaiknya kamu juga menjual berbagai barang-barang pelengkap. Pot-pot yang cantik dan alat penyiram tanaman juga bisa kamu jual di bisnismu.
Bagi kamu yang berminat berbisnis tanaman hias dan sedang mencari rincian modalnya, tenang saja karena kamu akan mendapatkannya pada artikel ini. Dilansir dari buku 101 Bisnis Laris Manis Modal di Bawah 10 Juta oleh Yudha Satria, berikut adalah perhitungannya:
Modal Awal:
Biaya Operasional:
Dalam menjalankan usaha tentu akan menghadapi berbagai risiko yang perlu dihadapi. Sebelum memulai usaha, sebaiknya kamu mengetahui berbagai risiko yang mungkin muncul untuk bisa mengetahui penanganan risiko yang tepat.
Demikianlah pembahasan mengenai tips memulai bisnis tanaman hias. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang berminat untuk berbisnis di bidang ini.

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.