5 Tips Agar Uang Tidak Cepat Habis Sampai Akhir Bulan! – Ibupedia

Agar uang tidak cepat habis sebaiknya disimpan dengan baik dan tidak digunakan. Namun tentu saja hal ini cukup mustahil dilakukan, apalagi jika diterapkan dalam urusan rumah tangga.
Cara menghemat uang tak hanya cukup menyisihkan sekian persen dari pendapatan saja, lho Bu! Faktanya, walau sudah menyisihkan, pengeluaran bulanan rupanya kerap kali bocor. Siapa yang begini juga?
Melansir dari laman Nerd Wallet, setiap rumah tangga sebaiknya memiliki perincian yang jelas tentang cash flow bulanan supaya keuangan rumah tangga lebih sehat. Cash flow dapat dihitung dengan cara memilah mana bagian pendapatan dan mana saja yang termasuk pengeluaran bulanan rutin.
Mengetahui cash flow bulanan rumah tangga Ibu adalah cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Selain itu, sebagai bendahara rumah tangga, Ibu perlu tahu juga tentang tips menghemat uang agar uang tidak cepat habis.
Jika dulu tips agar uang tidak cepat habis cukup hanya dengan menabung saja, maka akan sedikit berbeda saat Ibu sudah berumah tangga, ada post-post tertentu yang harus disisihkan juga di luar tabungan. Post-post tersebut sebaiknya ditaati dengan baik agar uang tidak cepat habis sebelum tanggal gajian berikutnya tiba.

Bu, penasaran ngga sih sebenarnya apa saja ya pengeluaran bulanan yang sering membuat keuangan bocor? Melansir dari laman The Balance Money, berikut ini beberapa pengeluaran rutin yang sering ada dalam sebuah rumah tangga, boleh dicek kembali dari sekian banyak pegeluaran ini, mana yang sering kali bocor halus ya.
Biaya yang satu ini termasuk salah satu biaya yang sulit dipangkas karena ini termasuk kebutuhan pokok. Setiap keluarga membutuhkan tempat tinggal yang nyaman, serta layak sebagai tempat pulang yang menyenangkan dan berkumpul bersama keluarga tercinta.
Memangkas biaya untuk tempat tinggal bukan merupakan cara menghemat uang yang tepat. Namun tentu saja dalam memilih tempat tinggal harus disesuaikan dengan budget bulanan Ibu, jangan sampai over ya!
Biaya transportasi meliputi biaya menggunakan kendaraan umum, mencicil motor atau mobil, dan biaya pemakaian bahan bakar bensin. Mengingat saat ini di Indonesia sedang mengalami kenaikan bahan bakar, ada baiknya pertimbangkan kembali biaya transportasi rutin anggota keluarga di rumah.
Biaya yang satu ini termasuk dalam biaya yang sulit sekali dihindari, mengingat kita semua pasti melakukan mobilitas sesuai tujuan masing-masing. Agar uang tidak cepat habis, Ibu bisa pertimbangkan kembali tentang biaya transportasi harian, mana yang lebih hemat dan tunda dulu pembelian kendaraan bermotor baru bila dirasa perlu.
Wah, tentu saja ini merupakan biaya pokok sehari-hari yang tak mungkin dilewatkan, namun tetap bisa dihemat. Biaya makan termasuk biaya membeli masakan yang sudah jadi, bahan makanan mentah untuk dimasak, camilan si kecil, dan sejenisnya.
Bagi yang sudah memiliki anak, agar uang tidak cepat habis, bagian biaya keperluan anak-anak harus direncanakan sebaik mungkin. Biaya keperluan anak-anak termasuk dalam biaya sekolah, biaya peralatan sekolah, biaya field trip, biaya baju, mainan, dan masih banyak lagi.
Biaya ini sudah otomatis harus ada ya Bu, karena kita tidak tahu kapan penyakit menghampiri anggota keluarga. Jangan sampai post untuk biaya kesehatan dipangkas hanya karena ingin membeli kebutuhan yang belum diperlukan.
Semua orang butuh hiburan, apalagi anak-anak ya? Kemungkinan cara menghemat uang akan sia-sia kalau anak-anak sudah minta mainan, liburan, atau kesenangan lainnya. Ada baiknya untuk post biaya yang satu ini perlu dipertimbangkan baik-baik.

Selain biaya di atas, mungkin masih banyak biaya lain yang dibutuhkan dalam sebuah rumah tangga. Simak tips agar uang tidak cepat habis berikut ini yuk, Bu. Supaya keuangan aman terkendali setiap bulannya!
Melansir dari laman Medium, tips agar uang tidak cepat habis adalah dengan membuat post-post pengeluaran bulanan dengan tertib. Ibu bisa menggunakan amplop kosong untuk mengisinya dengan sejumlah uang sesuai kebutuhan post-post tersebut.
Jika malas menyediakan uang tunai, Ibu bisa membagi kebutuhan harian Ibu dan mencatatnya dalam notes atau aplikasi tertentu di handphone. Pastikan untuk selalu disiplin dalam mengeluarkan uang sesuai dengan post-post tersebut ya!
Jika saat ini sedang menyewa tempat tinggal, ada tips menghemat uang yang jitu agar uang tidak cepat habis. Sebaiknya biaya untuk tempat tinggal tidak lebih dari 30% dari total pendapatan bulanan, ini biaya untuk sewa tempat tinggal yang ideal.
Sementara itu, idelanya jika ingin membeli rumah, maka Ibu perlu mengetahui terlebih dahulu jumlah penghasilan pertahunnya. Harga ideal rumah yang mampu kita beli adalah jumlah penghasilan pertahun dikalikan lima, contohnya penghasilan per tahun total 300 juta, maka idealnya Ibu bisa membeli rumah dengan harga 300 juta x 5 = 1,500 M.

Apakah pengeluaran untuk bensin kendaraan dirasa lebih mahal daripada memesan ojek online atau transportasi umum? Jika iya, maka cara menghemat uang yang pas pada bagian ini adalah dengan meminimalisir mobilitas menggunakan kendaraan pribadi dan beralih pada ojek online atau transportasi umum.
Namun jika tips menghemat uang yang satu ini dirasa belum cocok di rumah tangga Ibu, maka Ibu bisa cek kembali post-post lain yang bisa dipangkas.
Tips agar uang tidak cepat habis berikut ini cukup efektif lho. Jika biasanya memesan makanan online atau makan di restoran adalah pilihan utama, maka Ibu bisa mulai beralih untuk memasak makanan sendiri supaya lebih hemat, tentu saja sesekali jajan tetap diperbolehkan.
Sekarang ini sudah banyak frozen food yang juga lezat untuk dijadikan lauk pauk. Jangan lupa masak sayur lezatnya supaya kecukupan gizi keluarga terpenuhi ya!
Semua cara menghemat uang sepertinya sudah dilakukan, tapi masih saja ada pengeluaran tak terduga seperti kebutuhan bermain anak di playground atau membeli mainan. Jangan khawatir Bu! Sekarang ini sudah banyak akun instagram inspiratif yang menyediakan panduan membuat mainan interaktif  di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.
Agar uang tidak cepat habis, Ibu bisa mengganti biaya bermain di playground atau membeli mainan dengan membuatkan si kecil permainan seru di rumah. Hal ini juga bermanfaat untuk membangun hubungan dengan si kecil. lho!
Editor: Aprilia 
©2022, Ibupedia.com
Situs ini berisi informasi umum yang ditujukan sebagai sumber pengetahuan. Apabila Anda ada masalah mengenai kesehatan Anda atau anak anda, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional media lainnya. Silakan membaca Syarat & Ketentuan situs kami sebelum menggunakan situs kami. Dengan menggunakan situs kami, kamu setuju dengan Syarat & Ketentuan situs kami.

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.