7 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan – Investor.ID

Konsumen sedang berbelanja online. ( Foto ilustrasi: Istimewa )
JAKARTA, investor.id – Dalam berbisnis, kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor penting bagi perkembangan bisnis. Sebab, pelanggan yang puas cenderung akan kembali dan bahkan menjadi pelanggan yang loyal terhadap bisnis Anda. 
Akan tetapi, tidak sedikit pebisnis yang masih bingung tentang bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang tepat dan efektif. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir, berikut kami jabarkan beberapa strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang efektif.
1. Tetap terhubung dengan prospek dan pelanggan
Menjaga hubungan baik dengan prospek dan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena, hal ini tidak hanya dapat membantu Anda untuk menghasilkan prospek, tetapi juga memberikan kesan mendalam bagi pelanggan Anda.
Dalam hal ini, dapat menggunakan aplikasi CRM untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan prospek melalui berbagai cara. Dengan sistem CRM, maka penggunanya dapat menawarkan diskon yang dipersonalisasi, memberitahukan informasi tentang peluncuran produk baru, atau bahkan sekadar mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan Anda.
2. Visualisasikan permintaan, pertanyaan, dan masukan dari pelanggan
Melakukan visualisasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelanggan dapat membantu Anda untuk memperoleh wawasan menyeluruh tentang operasional bisnis dan memberikan kejelasan tentang prospek dan kesepakatan kepada manajer serta tim penjualan. Dengan demikian, tim penjualan Anda juga dapat memprioritas kesepakatan dan prospek potensial dengan mudah. 
Akibatnya, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan dapat merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perwakilan dan bisnis Anda secara keseluruhan. Dan pada akhirnya akan menciptakan pengalaman serta kepuasan pelanggan yang positif bagi bisnis Anda.
3. Tingkatkan komunikasi internal
Meningkatkan kepuasan pelanggan tidak hanya tentang bagaimana perwakilan bisnis berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Tetapi, ini juga tentang bagaimana Anda dan tim dari departemen lainnya dapat berkolaborasi untuk memberikan perjalanan dan pengalaman terbaik untuk pelanggan bisnis Anda.
Untuk memaksimalkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan CRM kolaboratif yang membantu meningkatkan komunikasi internal antar departemen. Sehingga, seluruh operasional bisnis dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya halangan.
4. Lakukan komunikasi yang dipersonalisasi
Menurut sebuah studi, 62% pelanggan cenderung akan membuka email marketing yang dikirimkan kepada mereka ketika terdapat baris subjek yang dipersonalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa personalisasi berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. 
Terlebih, dengan adanya personalisasi, Anda dapat menarik pelanggan untuk merespons dan membangun hubungan yang positif dan konsisten dengan bisnis Anda.
5. Berikan pengalaman yang konsisten di lintas saluran
Pengalaman pelanggan adalah hal penting lainnya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena, pengalaman pelanggan yang konsisten di seluruh saluran bisnis dapat menunjukkan bagaimana keseriusan Anda dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. 
Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan pengalaman yang konsisten di lintar saluran kepada seluruh pelanggan Anda. Sehingga, pelanggan dapat merasa puas dan bahkan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek bisnis Anda. 
6. Simpan seluruh informasi dan data dalam satu database
Anda dapat memanfaatkan informasi dan data pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka, merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat, memperkirakan penjualan, dan lainnya.
Namun, banyaknya data yang disimpan mungkin dapat membuat Anda menjadi kerepotan. Terlebih ketika harus mencarinya secara manual di tempat yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu menyimpan seluruh informasi dan data bisnis Anda ke dalam satu database terpusat. 
7. Pelajari lebih lanjut tentang pelanggan bisnis Anda
Cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang terakhir adalah dengan menggunakan informasi tentang pelanggan untuk kebutuhan analisis bisnis. Sehingga, Anda dapat memperoleh wawasan dan perspektif holistik tentang pelanggan bisnis Anda.
Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan hasil hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasional bisnis dan meningkatkan layanan pelanggan semaksimal mungkin.
Itu dia beberapa cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan sistem CRM untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan Anda. 
Mekari Qontak menyediakan sistem CRM terbaik yang tidak hanya dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga untuk memaksimalkan penjualan dan layanan pelanggan. Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti visualisasi kanban dengan drag & drop yang membantu melacak tiket pelanggan dengan mudah. 
Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM Mekari Qontak dengan WhatsApp Business API, media sosial, dan saluran bisnis lainnya secara mudah dalam satu platform terpadu. 

 
Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)
Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS
Terpopuler
01
Rekening Investasi Diblokir, Perusahaan Sekuritas Ini Dilaporkan ke Polisi
Minggu, 13 November 2022 | 07:58 WIB
02
B20 Summit: Elon Musk Pakai Batik, Zoom Sambil Mati Lampu 
Senin, 14 November 2022 | 10:43 WIB
03
Pemodal Asing Kelas Kakap Kepincut Emiten Baru
Senin, 14 November 2022 | 07:54 WIB
04
Duh, Gara-gara Ini IHSG Melemah
Senin, 14 November 2022 | 12:32 WIB
05
Kimia Farma (KAEF) Lepas 40% Saham KFA Rp 1,86 Triliun
Minggu, 13 November 2022 | 18:29 WIB
Terkini
Bertemu Xi Jinping di Bali, Biden: Tak Perlu 'Perang Dingin' Baru
Selasa, 15 November 2022 | 00:40 WIB
Bank BJB dan Polri Teken MoU dan Perjanjian Kerja Sama 
Selasa, 15 November 2022 | 00:13 WIB
Jadi Tuan Rumah IFRC Ke-19, PT BSI Dukung Pengembangan Pariwisata Banyuwangi
Selasa, 15 November 2022 | 00:00 WIB
Selamat! BTV Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional
Senin, 14 November 2022 | 23:55 WIB
Belanja di Empat Negara Ini Bisa Pakai QR dan QRIS
Senin, 14 November 2022 | 23:42 WIB
Anda belum login
Anda belum login
Sign InorSign Up
Email
Password
Nama
Email
Password
Ulangi Password
Email
Password
Nama
Email
Password
Ulangi Password
Pencarian
INVESTOR.id
Copyright ©2022 Investor Daily. All Rights Reserved

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.