7 Fakta Unik WhatsApp yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja? – CNN Indonesia

WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer di dunia. Selain memiliki sejumlah fitur yang menarik, WhatsApp ternyata memiliki fakta unik yang ternyata belum banyak diketahui orang.
Aplikasi WhatsApp sendiri dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum, dan pertama kali dirilis pada Januari 2009. Pada Februari 2014, perusahaan WhatsApp Inc. dibeli oleh Facebook.

ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Kemudian pada 2018, WhatsApp mengeluarkan aplikasi WhatsApp Business yang dirancang khusus untuk pemilik bisnis agar mudah berinteraksi dengan pelanggan.
Berikut ini sejumlah fakta unik WhatsApp yang belum banyak orang tahu, dihimpun dari berbagai sumber.
Brian Acton dan Jan Koum merupakan pendiri WhatsApp yang merupakan mantan pekerja di perusahaan raksasa Yahoo selama 20 tahun.
Merujuk Feedough konsep awalnya sederhana, Jan ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan status nama individu pengguna.
Pada awal pengembangannya, WhatsApp banyak mengalami kendala. Demo yang dibuat Jan Koum juga mendapat respons yang kurang baik dari beberapa temannya.
Kala itu, WhatsApp memang memiliki banyak kekurangan, seperti menghabiskan daya baterai, aplikasi macet, dan lainnya. Sampai akhirnya Jan Koum mendapat dukungan dari Brian Acton dan membuat Jan kembali mengembangkan WhatsApp.
Melansir laman Appverticals, meski diketahui banyak dipakai oleh penggunanya di seluruh dunia, tetapi ternyata WhatsApp dilarang penggunaannya di 12 negara.
Larangan ini berlaku di Arab, Cina, Korea Utara, Suriah, Bangladesh, Iran, dan beberapa negara lainnya yang tidak mengizinkan WhatsApp digunakan. Salah satu alasannya yakni berkaitan dengan keamanan nasional.

WhatsApp mengungkapkan rata-rata penggunanya membuka aplikasi 23 kali atau bahkan lebih dalam sehari. Ini berarti penggunanya membuka aplikasi kira-kira sekali setiap jam.
Selain itu, diketahui juga kalau lebih dari 29 juta pesan dikirim setiap menit. Pada 2018, data menunjukkan bahwa sekitar 29 juta pesan dibagikan setiap menit oleh pengguna, belum termasuk gambar, video, dan rekaman audio.

Pada 2015, WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play Store ketiga di dunia. Sementara di peringkat pertama adalah aplikasi Facebook, diikuti posisi kedua ditempati oleh YouTube.

Dilansir dari laman resmi WhatsApp, penggunaan nama WhatsApp diambil dari kata what’s up yang lazim digunakan untuk memulai percakapan. Saat dilafalkan, memang keduanya memiliki kemiripan.

Dari konsep awal pendirinya, WhatsApp mempunyai kebijakan ketat yakni tanpa iklan. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi pemilik barunya yakni Facebook, yang malah memperkenalkan iklan pada WhatsApp.
Selain itu, tidak ada marketing atau strategi promosi yang dilakukan untuk menarik pengguna saat peluncurannya pada 2009. Hal itu disebabkan keterbatasan anggaran para pendirinya.
Fakta unik WhatsApp yang terakhir adalah penghasilan bersih WhatsApp rupanya melebihi laba NASA dan American Airlines. Sebagai contoh, pada 2014 NASA meraup penghasilan sebesar $17 miliar, sedangkan WhatsApp meraih $19 miliar.

Demikian sejumlah fakta unik WhatsApp yang jarang diketahu. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.