7 Rekomendasi Akun Instagram untuk Penulis Pemula, Auto Jago – IDN Times

Regional
Kategori
Event
Channels
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Ketika ingin menjadi seorang penulis, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kemampuan literasi. Karena, ini merupakan suatu hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap calon penulis. Ya, minimal kalau belum bisa menulis dengan baik, kamu sudah memiliki minat dengan buku. Dengan demikian, ini bisa menjadi jembatan awal untuk memudahkanmu kedepannya. Karena pada dasarnya, tidak ada penulis yang saat ini jago pun, tanpa suka dengan buku.
Setelah suka membaca, kamu bisa nih survive bagaimana agar kemampuan literasi, khususnya skill kepenulisanmu semakin terasah. Tentu hal ini bisa kamu lakukan dengan cara latihan menulis secara konsisten. Disamping itu, saat ini banyak platform yang bisa menjadi penunjang kita untuk meningkatkan skill menulis. Salah satunya di Instagram. Disana, kamu bisa mendapatkan banyak insight yang keren-keren, lho. Nah, apa saja itu? Ikuti, yuk!
IDN Times Community merupakan platform media digital yang cukup diminati oleh khalayak orang. Terkhusus, bagi kaum-kaum millennial saat ini. Selain bisa dinikmati di situs, kamu juga bisa berselancar informasi dan insight tentang kepenulisan di akun Instagram yang sudah mencapai 272 ribu followers ini, lho. 
Di sini, kamu bisa menggali wawasan tentang kepenulisanmu. Khususnya bagi yang suka atau sudah mulai menulis. Dibungkus dengan konten yang ringan dan sederhana, sehingga akan sangat mudah sekali untuk dipahami dan dipelajari tentunya. Dengan demikian, secara perlahan skill menulismu akan semakin meningkat. Coba, ya!
Beranibaca merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang literasi. Memiliki tekad untuk menyebarkan semangat literasi kepada pemuda Indonesia, merupakan visi yang menjadi pegangan utama bagi komunitas ini. Dengan demikian, setiap minggunya Beranibaca selalu berusaha untuk bisa menyuguhkan konten-konten yang inspiratif dan menggugah semangat bagi para sobat literasi.
Selain memberikan konten tentang literasi, Beranibaca juga selalu mengadakan event challenge membaca dan menulis, lho. Nah, ini bisa menjadi solusi untukmu yang ingin mengisi kegiatan agar tetap produktif dengan literasi. Selain itu, dengan mengikuti challenge, ini akan menjadi wadah tersendiri dalam meningkatkan kemampuan membaca atau menulismu. Berani coba?
Akun Instagram yang sudah mencapai 149 ribu followers ini merupakan sebuah komunitas yang fokus bergerak dalam bidang kepenulisan. Untuk yang masih pemula dalam menulis, Nulisyuk bisa menjadi rekomendasi untukmu belajar skill menulis secara online. Selain lebih praktis dan efisien, tentunya tidak akan mengurangi kebermanfaatan yang akan kamu dapatkan nantinya.
Di sini juga sering mengadakan event menulis buku antologi, lho. Pokoknya, cocok untuk dijadikan sebagai pengalaman awal bagi yang baru terjun di dunia kepenulisan. Sehingga kamu bisa menjembatani kamu untuk bisa menerbitkan buku-buku lainnya di kemudian hari. Selain itu, Nulisyuk juga sering mengadakan live Instagram, membahas seputar tips-tips literasi. So, ikuti terus, ya!
Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Penulis Lama di IDN Times Community
Tika Widya merupakan seorang penulis lepas di Saung Writer dan Fastwork, yang juga aktif di sosial media Instagram. Disana, ia membahas cara, tips dan teknik untuk menulis. Pas banget untukmu yang ingin terjun ke dunia kepenulisan, terutama di bidang content creator. Konten yang disuguhkan juga bermacam-macam, mulai dari cara menulis puisi, cerpen, esai, hingga teknik-teknik yang lebih eksplisit lainnya.
Selain sebagai content creator, ia juga merupakan seorang copywriter yang juga membagi tipsnya di Instagram. Pokoknya, kamu bisa langsung kepoin akunnya, ya. Jangan sampai ketinggalan!
Ia merupakan seorang novelis Wattpad sejak tahun 2016. Untuk membagi pengalaman dan ilmu yang didapat, ia aktif berbagi insight kepenulisan di Instagram. Konten yang Karey buat cukup simpel dan mudah dipahami. Cocok juga buat kamu yang suka nyerah pas nulis, karena selain menyuguhkan konten-konten tentang kepenulisan, ia pun terkadang memberikan tips yang dapat membakar kembali semangat para penulis.  
Oh iya, karey juga nyediain kelas menulis novel online. Jadi, Bagi kamu yang berminat untuk terjun ke dunia novel, kamu bisa nih gabung di kelas ini. Selain harga yang relatif murah, bentuk pembelajarannya pun fleksibel karena dilakukan menggunakan video. Selain itu, kamu nanti bisa gabung di grup Telegram-nya Karey, untuk bisa menjadi wadahmu sharing dan semangat dalam menulis.
Ujwar Firdaus merupakan seorang penulis muda, yang juga sering membagikan tips menulisnya di platform Instagram. Ia menulis novel di Wattpad, dan berhasil menerbitkan novelnya yang berjudul My Bra di penerbit mayor. Selain aktif di Instagram, ia pun terkadang sharing tentang kepenulisannya di YouTube channel-nya yang juga bernama Ujwar Firdaus.
Banyak konten yang ia suguhkan tentang trik detail dalam menulis novel, sampai hal-hal sepele lainnya. Selanjutnya, novelis muda ini juga sering sharing tentangnya di live Instagram. Nah, kalau menurutmu menarik, pantengin terus, ya!
Di akun Instagram Inspirasi Pena, juga banyak konten-konten yang nggak kalah menarik, lho. Bukan hanya tentang literasi saja, namun ada juga konten non-literasi, yang pastinya sama-sama memberikan wawasan. Dikemas dengan desain yang menarik, sehingga tidak membuatmu jenuh dan pusing saat berselancar menikmati konten dari Inspirasi Pena ini.
Selain itu, biasanya akan banyak event perlombaan literasi tingkat nasional maupun internasional. Khususnya, pada bidang puisi. Ya, jika misalnya masih pemula, tidak ada salahnya kan untuk mengikuti perlombaan. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menulis.
Nah, itulah lima rekomendasi akun Instagram yang cocok buat kamu yang ingin terjun ke dunia kepenulisan. Di zaman yang serba digital ini, seharusnya tidak ada alasan lagi untukmu tidak bisa belajar nulis dengan efektif. Karena hanya dengan platform Instagram saja, kamu bisa mendapatkan ilmu dan wawasan di manapun dan kapanmun. Semoga bermanfaat!
Baca Juga: 5 Sumber Ide Menulis Tema Life di IDN Times Community, Coba Yuk!
Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
kamu sudah cukup umur belum ?

source

Leave a Reply

About Me

Kami adalah perusahaan pemasaran sosial. Kami memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan pemasaran digital, seo dan media digital.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.