Bertemu Gibran, Anies Dinilai Ingin Raih Pemilih di Kandang Banteng – CNN Indonesia

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institut, Karyono Wibowo menilai Anies Baswedan tengah berupaya meraih basis pemilih nasionalis lewat pertemuannya dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Selasa (15/11).
Karyono memandang pertemuan Anies dengan Gibran tak lebih dari basa basi politik. Menurutnya, kedatangan calon presiden Partai NasDem itu ke Solo hanya untuk mencari pemilih di kandang banteng atau lumbung suara PDIP.

ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Anies ingin mengambil ceruk pemilih di Solo yang menjadi basis nasionalis dan kandang banteng di Jawa Tengah,” kata Karyono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (16/11).
Karyono menyebut Anies pun menyempatkan hadir dalam acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh Solo. Menurutnya, kehadiran Anies dalam acara tersebut jelas membawa misi politik.
Meski terkesan tengah mendekati basis pemilih Islam, kata Karyono, itu hanya cara Anies sebelum mendekati basis pemilih nasionalis di kandang banteng.
“Dia awali dengan mendekati basis Islam di Surakarta dan sekitarnya yang berpotensi bisa digalang lebih dulu, baru merambah ke yang lain,” ujarnya.

Karyono menilai Anies belakangan juga mulai memperkenalkan dirinya sebagai tokoh moderat dan nasionalis. Meski di sisi lain, persepsinya sebagai pelaku politik identitas sulit dipisahkan.
“Hemat saya, Anies sudah berusaha untuk menggeser personal brandingnya dengan melakukan reposisi imej ingin dipersepsikan sebagai sosok nasionalis dan moderat,” katanya.
Pertemuan Anies dan Gibran berlangsung secara tertutup di Andrawina Restaurant, Hotel Novotel, Solo sekitar pukul 07.40 WIB. Gibran disambut Anies di Lobi Hotel.
Anies mengaku pertemuannya dengan Gibran hanya berbagi pengalaman sebagai kepala daerah. Keduanya mengaku banyak berbicara soal tata kelola transportasi.
Belakangan, keduanya juga tampak bersama di acara haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Anies mengunggah momen tersebut lewat akun Instagram pribadinya, Selasa (15/11) malam.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

Leave a Reply

About Me

Kami adalah perusahaan pemasaran sosial. Kami memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan pemasaran digital, seo dan media digital.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.