Cara Cepat Deteksi Benjolan Abnormal Payudara ala Siloam Hospitals – BeritaSatu.com


Jumat, 25 November 2022 | 16:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Jakarta, Beritasatu.com– Benjolan pada organ payudara sebenarnya dapat diketahui melalui sentuhan. Ada cara cepat untuk mendeteksi benjolan abnormal payudara. Berikut edukasi dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya. Pada Selasa (22/11/2022), edukasi deteksi organ payudara disampaikan Leila Lengkong, Dokter Spesialis Bedah dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, disiarkan melalui live Instagram dan aplikasi YouTube.
“Benjolan yang merupakan suatu jaringan abnormal yang tumbuh di dalam Jaringan abnormal tersebut akan terasa padat atau menggumpal berisi cairan jika diraba/disentuh,” katanya.
Menurut Leila, konsistensi benjolan tergantung pada jenisnya dan umumnya dialami oleh para wanita namun mengacu data penelitian, benjolan juga dapat terjadi di kalangan pria. Secara harfiah, dapat disebabkan antara lain faktor keturunan, lingkungan tempat tinggal, paparan radiasi, konsumsi makanan yang diawetkan dan lainnya.
“Gejala secara spesifik hampir tidak ada ketika proses benjolan terbentuk. Artinya, deteksi dini adalah penting karena akan diketahui setelah terlihat benjolan atau melakukan “Sadari” (periksa payudara sendiri) dan “Sadanis” (periksa payudara klinis) yang dilakukan berkala,” tuturnya.
Pada tahapan deteksi, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis, yaitu: Ultrasonografi (USG), Mammographi, Duktografi atau Galaktografi, dan Biopsi.
Adapun pada sesi tanya jawab dalam rangkaian edukasi, dr. Leila, memastikan bahwasanya kista merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk akibat penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara, dan merupakan salah satu penyebab.
“Itulah salah satu penyebab utama, benjolan pada payudara dominan dimiliki perempuan karena wanita dapat memiliki lebih dari satu kista, pada satu atau kedua payudara. Dan juga benar, USG juga dapat menentukan ukuran benjolan dan lainnya,” ungkap dr. Leila, menjawab pertanyaan peserta edukasi.
Sementara akan tumor jinak, yang akan cepat ‘terecovery’ dengan penanganan medis dan umumnya tidak berbahaya serta beberapa kasus benjolan akan menghilang dengan sendirinya.
Tindakan medis segera akan dilakukan pada benjolan berukuran besar. Hal ini mengacu akan benjolan jika makin membesar akan terasa nyeri disertai luka bahkan cairan keluar dari puting.
“Namun banyak juga tumor dengan keganasan yang sangat mungkin ber komplikasi terhadap kerusakan payudara dan berkembang menjadi kanker apabila terlambat di tangani medis,” tutur dr. Leila mengingatkan.
Ketika benjolan telah terdiagnosis, rutin konsultasi dengan dokter akan bemanfaat seperti : mengurangi risiko komplikasi, kerusakan jaringan dan infeksi payudara akibat abses. Selain SADARI dan SADANIS bebarapa hal lain juga mengurangi risiko terkena benjolan payudara antara lain tidak merokok, utin berolahraga, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup dan mampu mengelola stress dengan baik
Saksikan live streaming program-program BTV di sini
Sumber: BeritaSatu.com
HighScope Model United Nations (HSMUN) menjadi ajang berlatih seni diplomasi ala Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA).
Sempat dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, IdeaFest 2022 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
Dua minggu menjelang pernikahannya dengan Erina Gudono, Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku makin stres.
Film berjudul Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJLP) akan jadi sekuel kedua kisah kehidupan tokoh bernama Aurora yang tinggal jauh dari keluarga.
Ajang Ideafst yang mengangkat tema “Re:alyty Re:defined” ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta sejak 24 -27 November 202.
Pasien perlu melakukan tindakan untuk mencegah dan menunda komplikasi diabetes dengan baik, seperti membuat pilihan makanan yang lebih sehat.
Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) 2022 mengangkat tema “Mite dari Timur”. Mite mengajak kita untuk mengenal budaya lebih dekat lagi.
Digelar selama dua pekan, pameran buku Big Bad Wolf Books (BBW) menghadirkan 50.000 judul buku internasional.
PM Inggris Rishi Sunak dan Akshata Murty yang merupakan seorang desainer fesyen menikah di Bengaluru pada tahun 2009.
Lee Seung Gi dilaporkan tidak pernah menerima bayaran apa pun dari hasil karya musiknya selama 18 tahun sebesar Rp 115 miliar.
 
NEWSLETTER
 
NEWSLETTER

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.