Mungkin, Anda termasuk orang-orang yang ingin mempelajari cara daftar menjadi dropshipper.

Pasalnya, Indonesia diramalkan sebagai pasar e-commerce terbesar di Asia. Sebagaimana dilansir Niagahoster, Indonesia diprediksi memperoleh pendapatan e-commerce yang setara dengan 20 persen pendapatan negara, yakni pada tahun 2021.

Oleh karena itu, bisnis online menjadi peluang yang menjanjikan untuk berbagai kalangan. Dalam praktiknya, skema juga menjadi indikator yang tidak dapat diabaikan, seperti salah satu skema bisnis online yang populer sebagai dropshipping. Sedangkan, pelaku dropshipping terkenal sebagai dropshipper.

Pada dasarnya, aktivitas dropshipping tidak hanya dinilai potensial, tetapi juga minim risiko dan tidak membutuhkan banyak modal. Dengan demikian, siapa pun dapat memulai untuk berbisnis dropshipping, asalkan orang-orang familiar terhadap e-commerce, pantang menyerah untuk mempromosikan, dan peka terhadap permintaan pasar.

Cara Daftar Menjadi Dropshipper

Secara sederhana, dropshipping dapat diartikan sebagai model bisnis yang melibatkan supplier untuk menyetok dan mengirim produk secara manual, sedangkan dropshipper memiliki tanggung jawab untuk menjual produk-produk tersebut. Dengan demikian, dropshipper tidak dibebani untuk memikirkan proses produksi atau proses pengiriman produk ke pelanggan.

Dengan kala lain, dropshipper hanya fokus untuk mengembangkan bisnis tertentu, khususnya guna meningkatkan kualitas marketing dan customer service. Dalam praktiknya, Anda pun sebaiknya juga merancang eksekusi secara terarah, yakni agar mendapat strategi dropshipping yang efisien, efektif, dan menghasilkan.

Sampai sekarang, juga terdapat berbagai platform e-commerce yang menawarkan berbagai supplier untuk mendapat produk-produk dropshipping. Misalnya adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Artinya, Anda berhak menjadi dropshipper produk apa pun, sebab orang-orang dapat memilih produk dan supplier sesuai keinginan.

Bergerilya di Platform E-commerce untuk Memilih Supplier yang Tepat

Cara daftar menjadi dropshipper yang pertama adalah mulai memilih supplier yang tepat. Umumnya hal ini menjadi krusial, sebab dropshipper tidak memiliki kuasa untuk ikut campur dalam memeriksa kualitas produk sebelum dikirim ke pelanggan. Artinya, memilih supplier yang tidak dapat dipercaya akan merugikan dropshipper secara total.

Dalam praktiknya, memilih supplier juga mempertimbangkan berbagai aspek, seperti harga barang, opsi pembayaran, dan rekam jejak supplier di platform e-commerce. Selain itu, sebaiknya dropshipper juga memerhatikan perihal cara pengiriman produk, yakni apakah kemasan dapat di-custom dengan brand dropshipper, dan memerhatikan tentang rating ulasan.

Untungnya, berbagai platform e-commerce umumnya berkomitmen mempermudah orang-orang dalam menemukan berbagai supplier profesional. Misalnya, pada Tokopedia, Anda dapat mengaktifkan filter Gold Merchant, sedangkan Bukalapak dapat mengaktifkan filter Top Seller dan Premium Seller. Di sisi lain, Shopee juga memiliki filter untuk menemukan supplier yang tepat.

Mulai Menjadi Dropshipper dan Membeli Produk

Nah, setelah mendapat produk sesuai kriteria, Anda dapat menjadi dropshipper di berbagai supplier yang ada di platform e-commerce. Misalnya, Tokopedia menawarkan fitur untuk mencentang tulisan dropship dan mengisi keterangan di kolom yang da. Di sini, dropshipper juga mengisi nama pengirim menggunakan brand dan nomor telepon.

Cara daftar menjadi dropshipper di Bukalapak dan Shopee juga menawarkan aktivitas yang sama. Pertama, Anda harus memesan produk melalui platform Bukalapak, lantas temukan opsi kirim sebagai dropshipper di pesan pelanggan. Dengan demikian, paket akan dikirim sesuai identitas dropshipper, di mana Anda tidak perlu repot-repot mengirim secara langsung.

Tidak hanya itu, Dropshipper juga dapat mencari produk dan membeli barang di platform e-commerce bernama Shopee, lantas mengisi nama dropshipper di kolom produk. Terakhir, orang-orang hanya perlu mencentang kolom pengiriman sebagai dropshipper dan mengisi nama serta nomor telepon.

Membuat Brand

Sebenarnya, tidak ada cara khusus menjadi dropshipper. Artinya, orang-orang hanya perlu menemukan supplier yang tepat, membuat brand serta toko online, dan membeli produk melalui supplier melalui platform digital. Sedangkan, untuk menarik perhatian pelanggan, Anda perlu membuat brand dengan common sense.

Artinya, meski membeli produk melalui supplier, tetapi Anda tetap dapat membuat brand secara legal, khususnya untuk toko dropshipper yang menjual produk tersebut secara langsung. Apalagi, jika Anda memutuskan untuk bergerak secara digital, sehingga branding menjadi krusial untuk menentukan apakah pelanggan akan membeli produk melalui dropshipper atau tidak.

Jadi, memutuskan untuk menurunkan harga jual produk bukan solusi untuk menggaet pelanggan. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memperkuat identitas dengan memulai branding yang menitikberatkan pada nilai jual. Branding tidak hanya dilakukan di platform e-commerce, tetapi juga di berbagai media sosial. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan promo, lho.

Menawarkan Berbagai Kemudahan di Platform E-Commerce

Cara daftar menjadi dropshipper sebenarnya sangat sederhana. Sedangkan, bagian paling menantang justru bagaimana menemukan pelanggan yang mau membeli produk. Salah satu caranya adalah dengan membuat toko online di platform e-commerce populer, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Pasalnya, orang-orang pada dasarnya ingin berbelanja dengan cepat dan mudah.

Dalam hal ini, aktivitas berbelanja yang demikian dapat terealisasi dengan otomatisasi. Untungnya, platformplatform e-commerce menawarkan hal ini, mulai dari perhitungan harga sampai ongkos kirim. Selain itu, jangan lupa menerapkan otomatisasi di email dan newsletter, khususnya untuk menyapa pelanggan.

Masing-masing e-commerce umumnya juga mendukung aktivitas dropshipping. Misalnya toko online Shopee membutuhkan produk dari supplier di Tokopedia. Maka setelah memesan produk menggunakan identitas dropshipper, Anda dapat menyalin resi pengiriman. Lantas, memasukkan resi di toko online Shopee yang Anda kelola. Alhasil, status pengiriman menjadi sedang terkirim.

Berkomitmen untuk Meningkatkan Layanan

Cara daftar menjadi dropshipper memang sederhana, tetapi dalam prosesnya orang-orang membutuhkan komitmen, khususnya untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Sebagai saran, cobalah bersikap ramah, tetapi tetap tegas ketika menangani pelanggan. Jika perlu, dropshipper berhak membuat syarat dan ketentuan khusus, lho.

Pada dasarnya, hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stres yang kerap dialami dropshipper. Pasalnya, tidak hanya satu, melainkan ada puluhan pelanggan yang harus dihadapi dropshipper secara digital. Artinya, penting untuk mempelajari berbagai teknik untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan, termasuk memengaruhi pelanggan agar membeli produk.

Sedangkan, bagian terpenting untuk dropshipper adalah memberi kepuasan secara optimal. Tujuannya agar pelanggan mau membeli produk di toko Anda, bahkan di waktu yang berbeda. Secara teori, mempertahankan pelanggan cenderung lebih sukar. Oleh karena itu, dropshipper pada dasarnya membutuhkan berbagai inovasi.

Demikian langkah-langkah menjadi dropshipper di platform e-commerce. Dalam praktiknya, orang-orang sebaiknya tidak berhenti setelah mendaftar sebagai dropshipper, melainkan mulai mengumpulkan berbagai tools untuk mendukung aktivitas dropshipping. Misalnya adalah software dropshipping untuk merekam data.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dropshipper dituntut untuk merekam data secara akurat. Apalagi, proses transaksi umumnya terjadi secara online. Jadi, sebelum Anda memulai bisnis dropshipping ada baiknya untuk memerhatikan beberapa aspek, seperti kebutuhan pasar, memilih supplier yang dapat dipercaya, sampai memahami produk.

Pada akhirnya, aktivitas dropshipping populer di era digital, sebab siapa pun dapat menjadi dropshipper tanpa memiliki keahlian tertentu. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar untuk berkompetisi setelah memahami cara daftar menjadi dropshipper, seperti mulai memodifikasi foto dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan.

 

Keyword: Cara daftar menjadi dropshipper

Meta Deskripsi: Cara daftar menjadi dropshipper pada dasarnya tidak membutuhkan aturan secara khusus, termasuk di berbagai platform e-commerce.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *