Cara Live Streaming di Instagram Lewat PC atau Laptop – Okezone.com

JAKARTA – Fitur Live di Instagram menjadi salah satu yang sering digunakan para konten kreator, ini memungkinkan penggunanya berbagi video secara langsung dan berkomunikasi dengan pengikutnya.
Fitur ini, mudah diakses melalui aplikasi seluler Instagram, tetapi sering orang bertanya-tanya apakah mungkin untuk melakukan live streaming di Instagram menggunakan komputer (PC) atau laptop?
Dilansir dari SlashGear, Selasa (4/10/2022), sebenarnya ada cara untuk melakukan streaming konten dari PC menggunakan platform Live Producer di situs web Instagram, di mana fitur ini terintegrasi dengan program streaming pihak ketiga.

Jika belum menginstal Live Producer di PC, unduh program pihak ketiga melalui komputer desktop. Beberapa program yang direkomendasikan, seperti Streamlabs, OBS, dan StreamYard.
Setelah memilih program tersebut dan menginstalnya, Anda harus melewati pengaturan aplikasi dan memastikan bahwa spesifikasi format video serta audio telah diatur dengan benar sebelum memulai untuk streaming.
Berdasarkan pengujian awal fitur Instagram, sangat disarankan untuk menyetel video pada rasio aspek 16:9 dengan resolusi yang ditetapkan, yaitu 1280 x 720, dan kecepatan bingkai pada 30fps.
Namun, ada fitur tertentu Instagram Live yang tidak tersedia melalui Live Producer, seperti menyematkan komentar, mengakses tanggapan terhadap stiker tanya-jawab, penggalangan dana, live shopping, dan live rooms.

Selain itu, tidak ada cara untuk menambahkan moderator ke siaran langsung melalui Live Producer, tetapi hal ini bisa saja berubah di masa mendatang karena Instagram sedang memproses fitur tersebut agar lebih sempurna dan digunakan.
Lebih lanjut, setelah memiliki semua pengaturan video, audio, dan output yang direkomendasikan dan menginstal program pihak ketiga, yang perlu Anda lakukan untuk menghubungkan siaran langsung dari PC atau laptop dengan mengikuti cara di bawah ini.
1. Buka aplikasi streaming,
2. Di layar utama aplikasi, klik kolom untuk menyisipkan URL server dan streamkey untuk memulai siaran langsung di Instagram.
3. Kemudian, buka situs web Instagram pada browser web pilihan Anda.
4. Klik ikon + di sudut kanan atas halaman untuk menambah postingan, akan muncul fitur Instagram Live Producer dan terlihat opsi “Live” yang ada di menu.
5. Setelah berada di laman “Go live” ketik judul untuk siaran langsung Anda pada menu “Tambahkan judul” lalu pilih penonton melalui dropdown menu. Ada opsi “Latihan” sehingga hanya dapat dilihat oleh Anda, sedangkan “Publik” untuk membagikan siaran langsung kepada pengikut.
6. Jika ingin mengakhiri siaran langsung, Anda dapat menekan opsi “End live video” sebelum menghentikannya di aplikasi streaming yang Anda gunakan.
Video siaran langsung dapat diakses dan disimpan melalui halaman “Arsip siaran langsung” selama maksimal 30 hari, tetapi Anda hanya dapat melihatnya melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler yang Anda miliki.

(amj)
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.