Cara Membuat Instagram Shopping, Krusial untuk Optimalkan Penjualan

Siapa bilang Instagram hanya berperan sebagai media entertain?

Padahal, dengan memahami cara membuat Instagram Shopping, Anda dapat mengoptimalkan pendapatan melalui Instagram. Apalagi, mayoritas bisnis online umumnya menggunakan Instagram Shopping di era digital. Oleh karena itu, Instagram Shopping dianggap memiliki performa yang powerfull.

Sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan, sebab Instagram menempati posisi sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Berdasarkan laporan perusahaan analisis media sosial marketing bernama NapoleonCat, pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai lebih dari 61 juta orang pada tahun 2019. Artinya, nyaris seperempat penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram.

cara membuat instagram shopping

Dengan demikian, Instagram memiliki potensi guna mengembangkan berbagai usaha, khususnya dalam mem-branding dan menjual berbagai produk. Oleh karena itu, Instagram secara resmi merilis fitur Instagram Shopping untuk orang-orang, yang mana umumnya berfokus di akun bisnis yang memiliki banyak pelanggan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Instagram Shopping itu sendiri?

Oh iya sebelum masuk ke topik, mungkin Anda ingin tahu break event point ( balik modal ) dari usaha Anda coba cek disini :

Jangan Salah Rumus !.. Menghitung Modal dan Balik Modal Usaha Anda

Oke, let’s lanjut ke topik ..

Cara Membuat Instagram Shopping Secara Efektif

Pada dasarnya, Instagram Shopping dapat didefinisikan sebagai medium untuk berjualan di media sosial. Dalam hal ini, Instagram Shopping umumnya mampu berperan optimal di akun berbentuk bisnis. Pasalnya, pemilik Instagram dapat menjual berbagai produk, khususnya dengan fasilitas katalog untuk mempermudah orang-orang melihat harga.

Akan tetapi, pelanggan tidak dapat membeli produk melalui Instagram secara langsung, melainkan akan dialihkan ke halaman tertentu. Misalnya, orang-orang umumnya melalui direct katalog ke halaman website atau marketplace khusus. Lantas, Anda dan pelanggan akhirnya melakukan aktivitas jual beli secara digital. Sayangnya, tidak semua akun dapat menggunakan fitur ini.

Dalam praktiknya, Instagram menawarkan kebijakan yang ketat, mulai dari konfirmasi kelayakan, pengalihan akun, wajib terhubung ke Facebook, mengunggah katalog, proses peninjauan, aktivasi fitur belanja, adanya penyematan label, sampai stiker belanja. Setelah melalui 8 tahapan, Anda pun dapat menikmati optimasi dengan fitur Instagram Shopping.

Konfirmasi Kelayakan

Cara membuat Instagram Shopping yang pertama ialah memastikan bisnis melalui konfirmasi kelayakan. Dalam hal ini, bisnis harus memiliki pasar yang mendukung, menawarkan produk sesuai kriteria, berkomitmen untuk mematuhi perjanjian dan kebijakan Instagram, serta memiliki domain web sebagai platform untuk berjualan secara digital.

Beralih ke Akun Bisnis

Nah, setelah bisnis dianggap layak, sebaiknya mengubah akun personal menjadi bisnis. Di sini, Anda juga disarankan untuk menambah berbagai informasi yang relevan. Misalnya, tentang jam buka toko, nomor kontak, alamat bisnis, sampai tautan khusus untuk menuju website.

Jika dibandingkan dengan akun personal di Instagram, sebenarnya akun bisnis mendukung proses promosi secara optimal. Sedangkan, langkah-langkah untuk mengubah akun personal menjadi bisnis umumnya dapat dilakukan siapapun, sebab pada dasarnya tidak membutuhkan syarat-syarat yang rumit.

Terhubung ke Halaman Facebook

Tidak dipungkiri, Facebook dan Instagram adalah media sosial yang terikat. Oleh karena itu, Anda harus menautkan akun Instagram ke halaman Facebook. Caranya juga sederhana, yakni dengan membuka akun Instagram. Kemudian, pilih Edit Profil untuk menemukan menu Halaman di bagian Informasi Bisnis Publik.

Dari sini, Anda pun dapat menghubungkan Instagram, khususnya jika memiliki halaman sebelumnya. Akan tetapi jika belum, sebaiknya memilih menu untuk Buat Halaman Facebook Baru. Ingat, Anda hanya perlu membuat halaman Facebook dan justru bukan membuat Toko Halaman Facebook.

Mengunggah Katalog Perihal Produk

Cara membuat Instagram Shopping yang paling krusial adalah mengunggah katalog. Pasalnya, dari katalog, Anda dapat memengaruhi pelanggan untuk membeli produk atau tidak. Dalam praktiknya, orang-orang dapat mengunggah katalog melalui dua cara, yakni dengan Pengelola Katalog atau Partner Platform E-commerce.

Ternyata, Pengelola Katalog merupakan metode mandiri yang umumnya terdapat di Pengelola Bisnis Facebook, sedangkan Partner Platform E-commerce merupakan semacam cara integrasi. Dalam hal ini, Instagram memiliki berbagai partner e-commerce, yang mana masing-masing memiliki sertifikasi. Misalnya adalah Bigcommerce dan Shopify.

Melakukan Peninjauan Akun

Akhirnya, proses peninjauan dapat dimulai. Akan tetapi, proses tidak terjadi secara otomatis, melainkan membutuhkan perintah secara khusus, yakni dengan mengajukan peninjauan secara manual. Biasanya, proses peninjauan membutuhkan waktu beberapa hari atau lebih. Kemudian, beberapa akun juga diminta untuk membuktikan soal kepemilikan domain website, yakni dengan langkah-langkah tertentu.

Sadar atau tidak, proses peninjauan sebenarnya memiliki peran penting, terutama untuk menentukan apakah akun dan bisnis layak untuk mendapat fitur Instagram Shopping. Dalam praktiknya, Anda dapat melakukan proses peninjauan berkali-kali, bahkan sampai akun mendapat persetujuan secara langsung.

Mengaktifkan Fitur Belanja

Siapa pun dapat mengaktifkan fitur belanja setelah mendapat persetujuan. Pasalnya, fitur ini tidak muncul jika Anda tidak mendapat persetujuan. Sedangkan, cara mengaktifkan fitur Belanja  juga tergolong sederhana, yakni dengan mengetuk Bisnis dan Belanja di Pengaturan. Lantas, memilih katalog yang akan terhubung ke akun.

Menyematkan Label

Cara membuat Instagram Shopping memang membutuhkan semacam proses. Kemudian, Anda dapat menyematkan label untuk menyoroti berbagai produk, baik foto atau video. Biasanya, foto dan video ditampilkan di beranda dan cerita, yakni sebagai langkah untuk menarik perhatian orang-orang.

Lantas, bagaimana cara untuk menambahkan label di foto dan video tersebut? Pertama, Anda perlu memilih Tambahkan Foto atau Video, lalu menambahkan keterangan dengan mengetuk Label Produk. Kedua, Anda tinggal mencari dan memilih produk sebelum memutuskan untuk mengetuk Selesai dan Bagikan.

Menggunakan Stiker Belanja di Stories

Sebenarnya, menggunakan stiker merupakan semacam tindak lanjut dari proses untuk membagikan foto dan video di beranda dan cerita. Pada dasarnya, stiker berperan penting untuk mengoptimalkan Instagram Shopping. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan stiker sebelum mulai mem-posting foto atau video.

Dalam hal ini, orang-orang dapat mengetuk ikon stiker yang ada di sudut kanan. Kemudian, memilih stiker sesuai selera. Selanjutnya, pengguna memilih produk yang ada di katalog sekaligus memindahkan stiker ke tempat yang diinginkan. Selain itu, Instagram Shopping juga memungkinkan mengubah warna teks stiker sebelum membagikan posting-an.

Demikian langkah-langkah sederhana untuk membuat Instagram Shopping. Sampai sekarang, Anda dapat menemukan brand-brand besar menggunakan fitur ini. Pasalnya, Mark Zuckerberg mendesain Instagram Shopping untuk mempermudah pengguna dalam berbelanja, khususnya demi menemukan berbagai produk dari brand favoritnya.

Kini, Anda pun dapat menggunakan Instagram Shopping setelah mengikuti cara-cara yang diulas. Tujuannya untuk memperbesar kesempatan agar produk lebih dikenal masyarakat. Apalagi, pihak Instagram menambahkan fitur di navigasi utama, yang mana membuat fitur lebih efisien untuk diakses. Alhasil, pelanggan lebih mudah menjelajahi berbagai toko online.

Akhirnya, fitur Instagram Shopping secara umum membuat media sosial menyerupai platform e-commerce. Pasalnya, pengguna dapat menelusuri toko, melihat berbagai pilihan editor, menjelajahi panduan, sampai menemukan koleksi. Oleh karena itu, segera terapkan cara membuat Instagram Shopping, khususnya untuk mengoptimalkan pendapatan secara digital.

 

Leave a Reply

About Me

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.