Suasana jumpa pers terkait kesiapan Telkomsel dalam rangkaian KTT G20, Rabu (19/10) di Jimbaran, Badung. (BP/iah)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Direktur Network Telkomsel, Nugroho, menyatakan kesiapan Telkomsel dalam mendukung G20. “Telkomsel selalu siap dan sigap untuk mendukung acara G20 ini,” katanya, Rabu (19/10) dalam keterangan pers terkait kesiapan Telkomsel dalam rangkaian KTT G20.

Dikatakannya, ada dua hal yang disiapkan, yakni jaringan broadband dan produk serta layanan. Dari jaringan, pihaknya mengatakan sudah menyiapkan di 15 kota, termasuk di Bali. Di 15 kota ini, dikatakan Nugroho, Telkomsel menggelar 35.000 BTS 4G dan 5G. Total 5G ada 190 BTS. Juga, Compact Mobile BTS (Combat) sebanyak 11 unit. “Khusus di Bali, kita memiliki 7.800 BTS, termasuk di dalamnya ada 39 5G BTS. Ini untuk memastikan bahwa kita tidak memiliki blank spot dan untuk melayani lonjakan kebutuhan pelanggan di G20,” jelasnya.

Dari sisi produk dan layanan, lanjutnya, pihaknya sudah menyiapkan outlet untuk didatangi para peserta G20, baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Internasional roaming, lanjutnya, Telkomsel memiliki kerja sama dengan 382 negara. “Semua tamu yang hadir bisa bebas berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di negara tersebut,” katanya.

Baca juga:  IOSA Akui Lion Air Aman

Di samping itu, Telkomsel telah mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah wilayah, seperti area penginapan, lokasi acara utama, bandar udara, pelabuhan, hingga tempat destinasi wisata, dengan memastikan ketersediaan kapasitas jaringan yang memadai bagi seluruh delegasi selama acara puncak rangkaian kegiatan Presidensi G20, The 17th G20 Heads of State and Government Summit, tanggal 15-16 November 2022 di Bali.

Dengan menghadirkan jaringan broadband luar biasa di 15 kota tempat terselenggaranya rangkaian G20, diharapkan tiga prioritas yang menjadi tujuan Presidensi Indonesia di G20 bisa terwujud. Yakni, arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.

Baca juga:  Selama KTT G20, SE Atur Menaikan Layangan Dikeluarkan

Ditambahkan Vice President Network Service Management Area Jawa Bali Telkomsel, Juanita Erawati, ada tiga dukungan yang digelar Telkomsel, yakni main venue, supporting venue, dan supporting facilities Untuk main venue ada di 8 lokasi, di antaranya GWK, Mangrove Tahura, dan Nusa Dua Area dengan dua teknologi yang dihadirkan yakni jaringan 5G dan 4G.

Sedangkan di supporting venue, jaringan diperkuat di hotel delegasi. Sementara itu, supporting facilities yang dimaksud adalah destinasi wisata, shopping mall, dan Tol Bali Mandara yang kemungkinan dikunjungi delegasi.

Untuk layanan 5G, ungkapnya, saat dilakukan speed test, kecepatan troughput rerata 100 Mbps. “Semoga semua berjalan lancar. Karena pengalaman di Mandalika, ternyata ada saja problem. Kita harapkan di acara G20 tidak ada masalah karena ini membawa nama negara kita,” harapnya.

Baca juga:  Rangkaian KTT G20 di Bali, PDB Nasional Diperkirakan Naik Triliunan Rupiah

Terkait pelayanan, VP Consumer Sales Area Jawa Bali yang diwakili GM Sales Regional Bali Nusra, Nur Hidayat Dwi Santoso memaparkan Telkomsel berkolaborasi dengan 69 mitra outlet reseller yang berada di kawasan Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk memberikan kemudahan dalam mengakses produk dan layanan terdepan dari Telkomsel. Terdapat 3 Grapari di Nusa Dua, Renon, dan Kuta. “Ada produk yang sangat spesial untuk G20. Telkomsel juga telah menghadirkan kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist yang sudah didukung layanan Hyper 5G Telkomsel. Kartu Telkomsel Prabayar Tourist menghadirkan akses maksimal untuk pengalaman digital terbaik bagi para delegasi mancanegara melalui bonus kuota data/internet sebesar 25 GB, kuota telepon lokal 25 menit, serta kuota telepon internasional (IDD) 25 menit,” paparnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN