Jenis Media Promosi Ini Wajib Kamu Ketahui, Biar Usaha Makin Lancar – detikFinance

ADVERTISEMENT
Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mempunyai angka penjualan yang tinggi. Untuk mencapai angka yang tinggi, tentu diperlukan promosi yang efektif melalui berbagai jenis media promosi.
Dengan promosi yang efektif, suatu produk akan lebih dikenal oleh banyak orang sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara online maupun offline.
Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian promosi hingga jenis media promosi. Mari simak penjelasan berikut.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dikutip dari buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan, promosi adalah segala kegiatan yang mengomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada pengguna. Komunikasi tersebut ditujukan supaya orang bisa menggunakan produk, merek, atau layanan yang ditawarkan.
Promosi adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli, dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasif yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa untuk mempengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut.
Pengertian promosi adalah proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.
Promosi yang dilakukan di berbagai media memiliki tujuan untuk memasarkan segala sesuatu yang ingin diperjualbelikan pada konsumen. Promosi juga dilakukan sebagai media untuk mengenalkan suatu produk atau jasa yang baru serta memperkuat brand image dari suatu produk yang sudah ada sebelumnya.
Selain itu, masih banyak lagi tujuan dari dilakukannya promosi. Berikut adalah daftarnya:
Fungsi pertama dari media promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness dengan menyebarkan informasi produk kepada calon pembeli. Konsumen tentunya hanya ingin membeli barang yang mereka kenal sehingga sangat penting untuk meningkatkan brand awareness.
Promosi juga berfungsi sebagai sarana komunikasi untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Dalam hal ini, kamu perlu mempunyai skill komunikasi yang baik supaya calon pelanggan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Media promosi juga berfungsi untuk menjaga konsumen supaya tetap loyal terhadap produk yang dibelinya sehingga melakukan pembelian secara berkelanjutan. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan pelayanan yang baik dari perusahaan supaya pelanggan merasa nyaman.
Fungsi media promosi yang keempat adalah untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan. Jika sebelumnya perusahaan membuat kecewa pasangannya, maka promosi adalah saat yang tepat untuk memperbaiki kesalahan tersebut
Promosi juga berkaitan langsung dengan kenaikan angka penjualan dari suatu perusahaan. Dengan promosi yang efektif, pelanggan akan menyukai produk yang dipromosikan tersebut sehingga akan meningkatkan nilai penjualan.
Fungsi promosi yang terakhir adalah untuk menaikkan nilai dari suatu produk. Hal ini bisa terjadi karena promosi yang efektif dapat menciptakan opini yang baik tentang suatu produk sehingga bisa menaikkan nilai dari produk tersebut.
Jenis media promosi offline yang pertama adalah brosur. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan brosur adalah dengan cara membagikan kertas yang telah dicetak dalam jumlah banyak kepada orang-orang.
Spanduk biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang dijualnya dengan cara ditempatkan pada ada area yang dilalui oleh banyak orang. Ketika spanduk tersebut dilihat oleh banyak orang maka potensi untuk meningkatkan brand awareness pun menjadi lebih besar.
Papan reklame atau billboard merupakan salah satu jenis media promosi yang menggunakan layar berukuran besar. Biasanya papan reklame berada di tengah perkotaan dan dilihat oleh banyak orang sehingga cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada banyak orang.
Jenis media promosi online yang pertama adalah website. Perusahaan bisa membuat website sendiri untuk menampilkan berbagai informasi produk di dalamnya. Website perlu dioptimalkan dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) atau Search Engine Marketing (SEM) untuk meningkatkan traffic dari website.
Saat ini media sosial mempunyai jumlah pengguna yang sangat banyak dan diprediksi akan terus bertambah. Dengan begitu, perusahaan dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.
Ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk promosi, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, atau TikTok Ads. Promosi melalui media sosial juga mempunyai keunggulan, yaitu biayanya yang murah.
Jenis media promosi online selanjutnya adalah dengan menggunakan jasa para influencer yang memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak. Dengan jumlah pengikut yang banyak, maka pengusaha berkesempatan untuk mengenalkan produknya kepada banyak orang sekaligus.
Untuk melakukan promosi dengan efektif tentunya kamu harus mengetahui berbagai tips menggunakan media promosi dengan tepat untuk kelancaran bisnis. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.
Sebelum memulai promosi, langkah pertama yang sangat penting adalah untuk mengenali produk yang ingin dijual. Kamu harus mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan produk tersebut.
Misalnya, kalau kamu mengeluarkan produk yang khusus untuk anak muda, maka sebaiknya kamu promosi melalui sosial media karena kebanyakan anak muda bermain sosial media. Target konsumen ini bisa menjadi panduan kamu untuk melakukan hal-hal lainnya.
Jika kamu melakukan jenis media promosi online, maka kamu harus mampu menciptakan konten yang menarik bagi konsumen. Begitu pun dengan jenis media promosi online, kamu harus membuatnya dengan semenarik mungkin, misalnya dengan membuat desain yang menarik untuk ditampilkan pada papan reklame.
Nah, itulah pembahasan mengenai berbagai jenis media promosi untuk meningkatkan penjualan bisnis. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam mengenali berbagai jenis media promosi yang ada.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.