Kembangkan Bisnis Ritel Dengan Strategi Omnichannel – Kompasiana.com – Kompasiana.com

An ordinary girl who love to see city light and have special interests in writing and content creation
Selanjutnya
Tutup

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula penggunaan teknologi di setiap aspek kehidupan, salah satunya penggunaan teknologi di dunia bisnis. Teknologi yang digunakan dapat berupa pengelolaan hingga proses pemasaran yang menggunakan beragam channel penjualan online.
Penjualan online melalui beragam channel dapat juga disebut dengan omnichannel. Penjualan menggunakan strategi omnichannel merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis.

Selain murah, penjualan omnichannel juga dapat memberikan keuntungan yang dua kali lipat daripada penjualan dengan metode lainnya. Menurut sebuah penelitian, terdapat 73% konsumen menggunakan channel untuk melakukan proses jual beli.

Dengan begitu, penjualan melalui omnichannel merupakan salah satu strategi jitu yang bisa digunakan dalam meningkatkan bisnis penjualan online. Lantas, apa definisi dari omnichannel? Apa saja manfaat yang bisa diberikan dengan melakukan proses jual beli melalui  omnichannel? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Definisi Omnichannel

Secara harfiah, omnichannel terdiri atas dua kata yaitu “omnis” dan “channel”. Kata “omnis” memiliki arti semua atau universal, sedangkan kata “channel” memiliki arti saluran. Jadi, omnichannel adalah penggabungan ragam saluran penjualan sebagai salah satu bentuk komunikasi antara penjual dan pembeli.
Omnichannel merupakan proses  jual beli menggunakan platform online sebagai media penjualan. Hal tersebut didukung oleh David. R. Bell, yang mengemukakan bahwa omnichannel merupakan sebuah strategi digital marketing yang mengintegrasikan beberapa saluran penjualan yang memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan semua saluran ritel online maupun offline yang tersedia saat berbelanja.

Cara Kerja Omnichannel


Karena omnichannel merupakan penggabungan berbagai saluran penjualan online, maka cara kerjanya pun cukup sederhana. Cukup dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu platform, Anda dapat mengelola alur atau proses penjualan dengan efektif.
Adapun penggunaan omnichannel dapat diketahui dengan melihat integrasi toko online, marketplace, atau website yang dikaitkan dengan sosial media sebuah bisnis. Misalnya, Budi sedang melihat – lihat iklan sepatu olahraga di Instagram.
Kemudian ada satu iklan sepatu olahraga yang membuatnya tertarik untuk melihatnya. Budi pun langsung mengunjungi akun profil Instagram dari toko tersebut. Namun, dalam akun profil toko tersebut hanya mencantumkan gambarnya saja tanpa memberikan penjelasan yang lebih rinci.

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.