Komitmen WSBP Menuju Mutu Produk Tanpa Reject – Konstruksi Media

Konstruksi Media – PT Waskita Beton Precast Tbk melakukan inisiasi Penandatanganan Komitmen Bersama yang dilakukan oleh seluruh Board of Directors (BOD) dan Manajemen WSBP yang dipimpin oleh Bambang Dwi Wijayanto, Director of Engineering & Development di Learning Center Plant Karawang WSBP. Hal itu dilakukan perseroan dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional 2022.
Guna mewujudkan kualitas produk terbaik “tanpa defect, tanpa reject”, penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional yang dilakukan oleh emiten berkode saham WSBP tersebut mengusung tagline “Tanggung Jawab QHSE Ada di Saya”.
“Penetapan komitmen mutu tersebut sebagai salah satu bentuk nyata dalam peningkatan awareness terkait dengan pengendalian mutu. Dengan adanya komitmen ini diharapkan mampu menjadi pemantik semangat seluruh insan WSBP untuk memberikan performa terbaik dalam proses pengendalian mutu,” jelas Bambang Dwi Wijayanto dalam keterangannya, Jumat, (11/11/2022).
Diketahui, acara tersebut terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, di anataranya yakni : Focus Group Discussion (FGD) Quality #1 : Quality Strategic Workshop yang akan dilakukan oleh Gatot Widayanto selaku narasumber.
Baca Juga : WSBP Sabet Penghargaan Bronze Winner AHI 2022 Kanal Digital Instagram
“Acara ini diharapkan dapat memberikan penyegaran akan sudut pandang insan WSBP untuk dapatmenjaga kualitas mutu produk yang dihasilkan,” ungkapnya.
Setelah itu direncakanan akan diselenggarakan FGD Quality #2: Diskusi Mutu Bersama AP3I (Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia) dengan tema Pengelolaan Mutu Di Industri Beton Pracetak.
“Ini diharapkan menjadiwadah untuk dapat berdiskusi bagaimana pengelolaan mutu dilakukan di industri beton pracetak,” jelas Bambang.
Dia menambahkan, adapula Quality Video CompetitionBehind The Scene Process Production”, yaitu kompetisi video ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk unit produksi berkreasi dalam mempromosikan tentang pengelolaan mutu produk sesuai dengan quality plan di setiap unit produksi.
Lalu Quality Performance Reward yaitu proses penilaian terhadap performa selama periode (Januari – Oktober) 2022 mengenai unit produksi dapat melakukan pengendalian mutu di unit masing-masing.
“Kami juga me-launching Penetapan Ambang Batas Mutu 2022, di mana akan dilakukan pembaharuan terhadap ambang batas mutu yang saat ini sudah ada di WSBP berdasarkan performa pengendalian mutu yang sudah berjalan,” imbuhnya.
Dikatakan olehnya, penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional 2022 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengendalian mutu di setiap pekerjaan dan dapat memupuk kesadaran dan tanggung jawab sehingga dapat memberikan performa yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Tercatat persentase pelanggan WSBP mengalami kenaikan sebesar 50%, di mana sebagian besar berasal dari pasar retail. “Tahun 2022 kami optimis dapat terus meningkatkan hingga naik 2x lipat,”tambahnya.
Guna mencapai target ini, WSBP berkomitmen untuk menjaga kualitas produk. Tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Dengan kemampuan produksi yang berkualitas dari plant dan batching plant milik WSBP dan sumber daya manusia yang mumpuni.
Perusahaan yakin bahwa produk precast dan readymix yang disuplai memiliki kualitas yang tinggi dan menghasilkan infrastruktur yang kokoh dalam jangka panjang.
Ke depannya, Irvan Pandjaitan selaku GM QHSE mengatakan WSBP memiliki strategi untuk meningkatan mutu secara konsisten untuk menjalankan 3 pilar yaitu pertama, Process Evaluation dengan melakukan evaluasi dalam proses pengendalian mutu dengan cara inspeksi insidential, action tracing atas tindak lanjut permasalahan, perbaikan terhadap quality tools, perbaikan dan peremajaan alat produksi, optimalisasi Short Interval Control (SIC).
Kedua, Awareness Improvement yaitu peningkatan pada aspek kepedulian dan komitmen perihal pengendalian mutu dengan cara penyelenggaraan bulan mutu, aktivitas promosi (quality campaign, quality alert, lesson learned), dan melakukan bimbingan fungsional di unit produksi.
“Pada pilar ketiga, WSBP melakukan strategi People Development melalui peningkatan pada aspek tata kelola personel QC (Quality Control) dengan salah satunya melakukan assessment personil QC technical and personality) serta pengelolaan personil QC,” tandasnya.
Baca Artikel Selanjutnya :



source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.