Melalui #Hands4Diabetes2022, Tropicana Slim Edukasi Masyarakat Cegah Diabetes – Kaltimkece

Follow Us:
Tropicana Slim mengadakan #Hands4Diabetes2022 untuk mencegah dan melawan diabetes.
Melakukan pola hidup sehat diyakini cara terbaik mencegah dan melawan diabetes. Salah satu caranya membatasi asupan gula dan lemak.
Ditulis Oleh: PARIWARA
Senin, 14 November 2022
kaltimkece.id Memperingati World Diabetes Day 2022, Tropicana Slim kembali menyelenggarakan #Hands4Diabetes2022. Dalam acara bertema “Ganti Gulanya, Jaga Lemaknya, Lawan Diabetes” ini, terdapat serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif, salah satunya roadshow pencegahan dan kontrol gula darah melalui gaya hidup sehat. Ada juga senam bersama dan pengecekan gula darah saat penutupan acara.
#Hands4Diabetes2022 diadakan pada Ahad, 13 November 2022 di 23 kota di Indonesia. Melalui acara yang didukung Accu-Chek sebagai partner cek gula darah nasional, Tropicana Slim mengedukasi masyarakat bahwa selain memperhatikan asupan gula, penting juga memperhatikan asupan lemak untuk cegah dan atasi diabetes. Edukasi dinilai penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat melawan diabetes. Hal ini selaras dengan tema World Diabetes Day yaitu “Education to Protect Tomorrow”. Secara umum, acara ini bermisikan mengajak seluruh masyarakat Indonesia lebih peduli dalam mencegah dan melawan diabetes.
Tidak hanya itu, Tropicana Slim juga mengajak masyarakat Indonesia menunjukkan solidaritas kepada diabetesi dengan melakukan posting smiling hand di Instagram dan TikTok dengan hashtag #Hands4Diabetes2022 sebagai petisi dukungan terhadap para diabetesi di Indonesia. Untuk setiap post, Tropicana Slim akan berdonasi kepada Komunitas Sobat Diabet guna disalurkan dalam berbagai program dan inisiatif Sobat Diabet yang mendukung usaha pencegahan dan penanganan diabetes di Indonesia.
Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim, mengatakan bahwa melakukan pola hidup sehat adalah cara terbaik mencegah dan melawan diabetes. Salah satu caranya dengan membatasi asupan gula dan lemak. Selain itu aktif melakukan pergerakan dan pemantauan gula darah secara mandiri dan berkala. 
“Tropicana Slim yang telah hadir selama hampir 50 tahun konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dan cegah diabetes melalui serangkaian produk bercita rasa tinggi yang bebas gula, bebas atau rendah lemak, dan rendah garam,” kata Noviana.
Pembatasan fisik selama pandemi Covid-19 telah mendorong pergeseran gaya hidup masyarakat ke arah yang kurang sehat seperti peningkatan aktivitas mengemil atau memakan tanpa rasa lapar (terutama dengan alasan bosan) dan kecenderungan makan secara berlebihan. Ada juga peningkatan gaya hidup yang kurang bergerak serta jarang melakukan pengecekan kesehatan. Pola hidup seperti itu dapat memunculkan masalah kesehatan seperti diabetes.
Diabetesi perlu mengendalikan asupan gula dan lemak untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Menurut American Diabetes Association, lemak juga merupakan nutrisi yang penting diperhatikan sebagai bagian dari pola makan sehat dalam mengelola diabetes. Inilah alasan Tropicana Slim mengangkat tema “Ganti Gulanya, Jaga Lemaknya, Lawan Diabetes” untuk mengedukasi masyarakat bahwa selain memperhatikan asupan gula, penting juga memperhatikan asupan lemak untuk mencegah dan kontrol diabetes.
#Hands4Diabetes2022 diadakan secara luring di 23 kota yakni Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Cirebon, Karawang, Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Jogja, Makassar, Manado, Palembang, Lampung, Jambi, Medan, Pekanbaru, Denpasar, Ambon, Mataram, Samarinda, Pontianak, dan Banjarmasin.
“Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung kualitas hidup para diabetesi dan membangun kesadaran hidup sehat bagi masyarakat umum,” tambah Noviana.
Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD dari Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, memperkirakan bahwa diabetesi menghabiskan paling banyak 2-3 jam per tahun dengan tenaga profesional kesehatan. Ini seperti yang dipaparkan dalam British Journal of Nursing. Hal ini menunjukkan bahwa diabetesi harus mengelola kondisi masing-masing secara mandiri di luar periode waktu ini. Bantuan dan dukungan dari tenaga kesehatan diperlukan namun melihat kondisi tersebut, masing-masing pribadi perlu memiliki pengetahuan luas, semangat, dan konsistensi untuk mengatasi diabetes.
“Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan Tropicana Slim dalam kampanye #Hands4Diabetes2022 untuk mengedukasi masyarakat dalam mengelola diabetes,” jelas dr Dr. dr. Em Yunir.
Ia menjelaskan, gula dan lemak erat kaitannya dengan kalori yang masuk melalui pola makan. Lemak tergolong memiliki kalori yang tinggi, terhitung 2 kali lebih banyak dibandingkan protein dan karbohidrat sehingga konsumsi lemak yang tidak dibatasi dengan baik sangat rentan menyebabkan asupan kalori berlebih dan penambahan berat badan. Harvard Medical School juga menyebutkan bahwa penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh dapat berefek negatif terhadap kesehatan, salah satunya mengalami penurunan sensitivitas hormon insulin yang menyebabkan terganggunya pengaturan kadar gula darah. Penumpukan lemak dapat dikurangi dengan berolahraga aktif minimal 30 menit setiap hari dan memperhatikan asupan nutrisi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah membatasi asupan gula dan lemak harian sebagai bagian dari pola makan sehat. Selain dibatasi jumlahnya, memilih sumber makanan dengan kandungan lemak baik juga penting dilakukan misalnya buah alpukat, kacang-kacangan, ikan salmon atau tuna, dan gunakan minyak kanola atau minyak zaitun sebagai pilihan untuk menumis.
“Selain pembatasan asupan lemak dan gula, diabetesi juga perlu aktif bergerak, olahraga secara teratur dan cek gula darah secara berkala. Apabila diabetesi memiliki kekhawatiran terhadap kondisi atau mengalami gangguan kesehatan, maka disarankan menghubungi dokter atau tenaga kesehatan,” jelas dr Dr. dr. Em Yunir.
dr Rudy Kurniawan, SpPD, DipTH, MM, MARS, pendiri komunitas Sobat Diabet, mengatakan, untuk memulihkan kondisi para diabetesi, dukungan sosial dari lingkungan sangat berpengaruh. Dukungan dari orang-orang terdekat dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan tingkat kesadaran diri, serta mendukung perubahan gaya hidup yang kurang sehat yang dialami penyandang diabetes. “Setelah pandemi Covid-19 mereda, kegiatan senam bersama dapat berdampak positif tidak hanya untuk fisik namun juga untuk kesehatan mental,” ujarnya.
Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan juga menjadi pemicu munculnya diabetes. Oleh karena itu, Sobat Diabet rutin mengedukasi masyarakat, khususnya bagi diabetesi dan generasi muda, mengenai pencegahan dan penanganan diabetes.
“Melalui tema Hands4Diabetes 2022 “Ganti Gulanya, Jaga Lemaknya, Lawan Diabetes” dan tema World Diabetes Day “Education to Protect Tomorrow”, kami percaya bahwa edukasi dapat membantu mencegah dan mengatasi diabetes,” kata dr Rudy Kurniawan.
Tropicana Slim, yang bekerja sama dengan Lazada selaku strategic partner e-commerce, memberikan penawaran khusus terhadap produk-produknya selama November 2022 ini. Ini dilakukan agar diabetesi dan keluarganya mendapatkan pilihan produk yang bebas gula, bebas/rendah lemak, serta bercita rasa tinggi untuk mendukung gaya hidup sehat keluarga Indonesia. Produk-produk Tropicana Slim dengan harga spesial dapat ditemukan di NutriMart atau official store Tropicana Slim di aplikasi Lazada.
Tentang Tropicana Slim
Tropicana Slim adalah serangkaian produk makanan dan minuman yang membantu konsumen membatasi asupan gula, garam dan lemak untuk hidup sehat lebih lama. Melalui berbagai varian produk unggulannya seperti pemanis rendah kalori, sirup bebas gula, susu bebas lemak, Tropicana Slim telah menginspirasi masyarakat Indonesia selama hampir 50 tahun untuk hidup lebih sehat dengan cara yang menyenangkan.
Tropicana Slim percaya bahwa hidup sehat bisa dijalani dengan cara yang menyenangkan sehingga setiap produk Tropicana Slim diformulasikan dengan cita rasa yang tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian produk maupun kegiatan-kegiatan Tropicana Slim dapat diperoleh di www.tropicanaslim.com, www.facebook.com/tropicanaslim, serta Twitter, Instagram dan TikTok: @tropicanaslim. (*)
Pariwara
Terkini
Infografik
Kutai Kartanegara
Infografik
Pariwara Mahakam Ulu

KALTIMKECE

Connect With Us :

Copyright © 2018 Kaltim Kece – All rights reserved.
Supported by Barqun Digital Teknologi.

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.