Membangun Bisnis Start-Up Basis Teknologi Digital dengan Sistem Digital Marketing – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Jangan pernah menyesali sehari dalam hidupmu. Hari-hari baik memberimu kebahagiaan dan hari-hari buruk memberimu pengalaman
Selanjutnya
Tutup

Akhir-akhir ini mendengar bisnis startup sudah tidak asing bagi Sebagian orang apalagi di Indonesia memang cukup banyak peminat dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun Sebagian orang belum mengetahui bahkan memahami tentang bisnis startup. Startup adalah perusahaan rintisan yang berada pada fase penelitian pengembangan untuk mengembangkan dan membaca pasar dengan tujuan mengenalkan dan memperluas layanan atau produk pada perusahaan startup agar menjadikan perusahaan tersebut dengan kontribusi menciptakan layanan atau produk sebagai pemberi solusi dari sebuah masalah di lini masyarakat tentu menjawab tantangan kebutuhan pasar. Selain itu pebisnis harus memiliki kesadaran dalam pengelolaan bisnis yang utamanya bagian administrasi dan keuangan bagian yang penting yang menjadi faktor bisnis bertahan.
Perusahaan ini biasanya akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang layanan atau produknya berbasis teknologi digital. Jika kita ingin membangun bisnis startup basis teknologi digital dengan sistem digital marketing suatu pilihan yang tepat sebagai jalan alternatif bisnis startup terutama menyesuaikan diri setelah menghadapi pandemi covid19 yang cukup melumpuhkan perekonomian secara global dan di Indonesia dengan peraturan lockdown serta keterbatasan dalam aktivitas ekonomi. Mengingat era saat ini dikenal dengan era revolusi industri 4.0 tidak heran kehidupan sehari-hari sekarang selalu mengandalkan basis teknologi digital yang mendorong membangun bisnis startup harus memiliki komitmen dan mempelajari secara dalam terkait sistem digital marketing yang bersifat kompleks.

Siapa sih yang tidak ingin sukses jika membangun sebuah bisnis apalagi bisnis startup yang impian bagi para entrepreneurDalam mendukung bisnis startup para entrepreneur tentu harus memahami dan mengerti terkait digital marketing yang begitu dalam, mulai dari transformasi digital, layanan pelanggan, dan masih banyak subjek yang begitu relevan dengan menyesuaikan dan mempertimbangkan untuk menciptakan strategi dalam marketing yang berasal dari ide-ide yang luar biasa dari para entrepreneur, tim dan bisnis agar tercipta sebuah strategi yang kuat dengan tujuan yang lebih luas.

Bukankah jika menelusuri lebih dalam digital marketing juga berkaitan dengan strategi digital sebagai rencana apa yang akan dicapai dalam beberapa tahun kedepan. Jika jawabannya tidak ada yang ingin dicapai di masa depan, berarti jelas tidak memiliki strategi. Itulah mengapa dalam memiliki visi dan jalan yang terbuka bahkan kesempatan. Tentu harus memiliki strategi yang harus didasarkan pada penelitian, dan mendapatkan dukungan oleh tim kepemimpinan dengan hasil yang jelas agar strategi tersebut dapat berhasil. Apalagi sekarang kita sudah merasakan dan menghadapi pandemi yang dampaknya membuat perekonomian global dan Indonesia mengalami penurunan yang sangat pesat.
Inilah kenapa masyarakat Indonesia dan bagi para entrepreneur sangat melirik penggunaan teknologi digital terutama digital marketing yang sangat berpengaruh pada suatu perusahaan untuk mempertahankan kestabilan perusahaan tersebut tetap bertahan pada saat pandemi tahun 2020 sampai sekarang dan bagi masyarakat tentu untuk bertahan dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari agar tidak kelaparan dengan mengandalkan penghasilan penjualan secara digital. Tidak heran jika para entrepreneur merancang strategi digital marketing menjadi lebih baik untuk membangun bisnis startup.Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan bisnis startup dimana digital marketing juga hadir dan digunakan oleh banyak perusahaan startup lain di era revalusi industri 4.0 saat ini dengan perkembangan teknologi seiring waktu sangatlah pesat tak heran setiap kehidupan harus memanfaatkan teknologi digital untuk membangun dan mengembangkan suatu bisnis. Oleh sebab itu, pemegang peran penting dari suatu bisnis startup tentu digital marketing demi berlangsungnya suatu bisnis atau usaha secara efektif dan efisien.

Basis digital dalam pemasaran di Indonesia sekarang sudah berkembang pesat untuk mengupayakan meningkatkan perekonomian Indonesia dan menembus pasar global. Namun hal ini tidak terlihat mudah jika tidak memahami betapa penting untuk dilakukan bagi setiap perusahaan startup, terutama jika startup tersebut masih berada pada fase awal wajib meningkatkan sistem pemasarannya secara digital untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan budget yang minimal. Pemasaran produk yang dijual tentunya sangat dibutuhkan terkait menciptakan brand awareness dan kegiatan pemasaran yang dapat meningkatkan startup pada fase awal dalam pembentukan perusahaan. Jika kita melihat sisi lain dari membangun perusahaan startup pada fase awal pasti problem pertama adalah keterbatasan dana. Oleh karena itu, dengan menggunakan Digital marketing adalah pilihan yang tepat bagi bisnis startup.
Mengingat juga dalam bisnis startup Menyusun strategi dan target jangka Panjang, harus penuh dengan kematangan yang sempurna sehingga Langkah penting tersebut dapat membawa kepastian tidak akan mengalami kerugian atas perubahan yang terjadi, dan memperoleh berbagai Langkah strategis dalam memastikan mendapatkan keuntungan dalam perubahan tersebut.


Menjamurnya bisnis startup telah muncul banyak ke permukaan, tentu hal ini terdapat status untuk perusahaan startup yang menghasilkan nilai pasar sebesar 1 miliar U$ Dollar atau sekitar 14 triliun rupiah yang disebut startup unicorn. Bahkan di Indonesia sudah mencetak 5 bisnis startup yang meraih gelar unicorn antara lain; Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan Ovo. Indonesia harus bangga kepada pengusaha generasi muda yang mampu berkontribusi dalam membangun suatu perusahaan startup yang berawal dari pengalaman atau kesusahan yang telah dialami dengan terselip ide-ide yang menarik, dan mampu memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia, membuka lapangan pekerjaan, dan menarik kerja sama bagi investor pada perusahaan tersebut.
Saat ini rata-rata penggunaan internet di Indonesia sebesar 70% lebih, bahkan sebelum pandemi saja hanya sebesar 175 juta. Sedangkan tahun 2022 dari data APJII mencapai 210 juta penggunaan internet pada penduduk Indonesia. Hal ini sangat meningkat tajam bahkan cukup banyak pemasaran yang konvensional beralih ke pemasaran digital jelas itu semua diperuntukan memanfaatkan teknologi yang sudah disuguhkan keuntungan bagi pebisnis.
Namun digital marketing juga memiliki strategi marketing terkait dengan penggunaannya bagi para entrepreneur ataupun masyarakat Indonesia yang tertuju pada sosial media misal tik tok, Instagram, whatsapp, bahkan sosial media juga menjadi media mendapatkan endorsement tujuannya sudah jelas menarik minat pembeli dengan disuguhkan kemudahan dan kecanggihan dari fitur-fitur yang sudah ada.

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.