Opini: Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM dengan Memaksimalkan Digital Marketing – Wartalampung.id

Adhie Thyo Priandika, Pakar Digital Marketing
Digital marketing saat ini menjadi solusi jitu yang dilakukan para pelaku usaha dalam memperkenalkan dan memasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), di mana memiliki kecepatan dalam penyebaran informasi, kemudahan dalam mengontrol dan mengevaluasi, jaringan luas, efektif dan efisien.
Pemasaran merupakan fondasi yang sangat penting bagi pelaku usaha dalam memajukan usahanya. Digital marketing merupakan langkah yang tepat dalam menghadapi situasi saat ini situasi di mana permintaan dan pemasaran yang konvensional sudah tidak lagi bisa menunjang bisnis para UMKM.
Sudah banyak UMKM gulung tikar karena tergerus dengan zaman di mana teknologi sudah menguasai semua bisnis. Hanya UMKM yang bisa beradaptasi dengan teknologi yang dapat terus maju dan melebarkan sayap bisnisnya.
UMKM yang tidak bisa beradaptasi, akan sirna. Oleh sebab itu, para pelaku usaha dalam hal ini UMKM harus menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi saat ini di mana teknologi sudah luar biasa maju dan menguasai di segala lini bisnis di Tanah Air.
Jika UMKM tidak bisa mengikuti perkembangan ini, sudah dipastikan akan menghambat perkembangan bisnis UMKM di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.
Ada beberapa aset yang harus diketahui pelaku usaha dalam digital marketing yaitu memiliki website pribadi khusus usaha, memiliki postingan blog, memiliki akun media sosial berupa Instagram, facebook, Tiktok, memiliki brand berupa logo dan profil perusahaan, dan harus memiliki jejak online review dari konsumen dan komentar dari konsumen.
Dalam hal digital marketing dengan media sosial, pelaku usaha sebaiknya:
Membuat akun media sosial untuk usaha yang terpisah dari akun pribadi;
Membuat nama akun yang sederhana, mudah diingat, menjelaskan tentang usahanya, dan memiliki nama yang sama dengan platform media sosial lain yang digunakan;
Usahakan setiap posting selalu berkaitan dengan usaha;
Buatlah tanda pagar (hashtag) unik yang mencirikan usaha kita dan gunakan itu di setiap postingan;
Jawab segala pertanyaan yang ditanyakan oleh follower untuk menandakan bahwa akun aktif.
Ada beberapa langkah dalam berdigital marketing agar usaha kita menjadi lebih kekinian dan di kenal banyak orang bukan hanya lingkup kecil saja bahkan di kenal di tingkat nasional.
Yaitu mengidentifikasi apa yang diinginkan konsumen seperti memahami siapa konsumen kita usia konsumen, pria wanita, anak-anak remaja, tua-muda, dan menggolongkan apa yang konsumen butuhkan.
Mengetahui siapa calon pembeli juga merupakan faktor yang sangat penting bisa dilihat dari keinginan dari konsumen untuk membeli sesuai dengan kemampuan finansialnya.
Yang berikutnya meningkatkan kesadaran akan merek usaha ini juga bagian yang diharus diperhatikan di mana merek harus unik dan bisa dikenal, diingat oleh masyarakat.
Dengan kata lain, harus merek yang kita buat biar familiar di pasaran. Selanjutnya yaitu promosi, bisa melalui media sosial yang sering masyarakat gunakan dan yang kita punya bisa melalai Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, grup WhatsApp, dan aplikasi lainnya.
Selanjutnya adalah menciptakan manfaat. Untuk apa produk kita dibuat? Sudah tentu harus ada manfaat yang dirasakan oleh calon konsumen.
Sebagai contoh, produk yang dijual adalah sabun. Seberapa besar manfaatnya, wangi atau tidak, bisa membersihkan bakteri atau tidak, kering di kulit atau tidak. Jadi jangan lupakan hal yang satu ini.
Memiliki nilai adalah hal selanjutnya yang harus diperhatikan apakah produk kita berkualitas atau tidak. Sebab, sudah tentu masyarakat akan mencari dan menggunakan produk yang berkualitas.
Yang berikutnya adalah penjualan. Dalam penjualan ini kita bisa menggunakan strategi yang dapat memikat calon pembeli.
Contohnya dengan memberikan potongan harga di setiap pembelian ataupun memberikan bonus lainnya atau bahkan bisa menjadikan konsumen kita sebagai member tetap usaha kita.
Selanjutnya adalah masukan di mana pelaku usaha juga harus terbuka dengan masukan yang diberikan kepada produk kita. Apalagi masukan itu yang sifatnya membangun. Bisa jadi masukan itu positif, bahkan bisa juga masukan itu negatif.
Mempertahankan adalah langkah berikutnya dalam ber-digital marketing mempertahankan merupakan hal wajib bagi pelaku usaha.
Misalnya, mempertahankan kualitas produk dengan selalu menjaga rasa dan  bahan-bahan yang berkualitas, mempertahankan kepuasan konsumen dengan tidak mengecewakan konsumen, mempertahankan keunikan produk dengan selalu berinovasi, mempertahankan konsumen agar tetap menjadi pelanggan kita yang setia dan loyal.
Yang terakhir adalah pengukuran. Dalam bagian ini, kita bisa melakukan pengukuran dari segi kepuasan konsumen. Seberapa puas konsumen dalam menggunakan produk kita sehingga mereka bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan dari membeli produk kita.
Jadi, tidak sulit untuk ber-digital marketing dan beradaptasi dengan teknologi untuk memujudkan UMKM naik kelas. []
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.






Wartalampung.id, Bandar Lampung – Kini hadir pengobatan alat vital Bengkulu bagi
Wartalampung.id, Bandar Lampung – Prestasi dalam bidang bahasa Inggris kembali ditorehkan
Wartalampung.id, Terbanggi Besar – Universitas Teknokrat Indonesia melakukan kunjungan ke Liquid
Wartalampung.id, Bandar Lampung – Bagi Anda yang memiliki masalah dan keluhan
Wartalampung.id, Punggur – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia menggelar
Copyright © 2020 – WartaLampung.id | Developed by Alan_Worker

source

Leave a Reply

Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.