Program Praktisi Mengajar untuk Menumbuhkan Jiwa Technopreneurship Mahasiswa Univ Amikom Purwokerto – Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM – Program Praktisi Mengajar, Universitas Amikom Purwokerto berhasil dilaksanakan pada tanggal 8 dan 11 November 2022, Program Praktisi Mengajar yang pertama mengangkat tema mengenai “Technopreneur”.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari jurusan Bisnis Digital dan Sistem Informasi, yang mengambil mata kuliah terkait technopreneur. Dan dihadiri oleh perwakilan dosen dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial.
Pada program praktisi mengajar yang pertama bertempat di aula gedung utama Universitas Amikom Purwokerto, dan dimulai sekitar pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB.
Program praktisi mengajar dipandu oleh dosen Bunga Asriandhini, S.I.Kom., M.A. sebagai MC, dan penyampaian materi diisi oleh narasumber Gus Muhammad Ajir Ubaidillah yang merupakan CEO dari Enha Corporation, sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda di Cilongok, Banyumas.
Pria yang akrab disapa Gus Ajir itu, bercerita sedikit mengenai perjalanan hidupnya dari awal hingga sekarang.
Bermula dari dirinya yang merupakan seorang anak kyai yang juga memiliki keterbatasan finansial setelah ayahanda meninggal dunia, tidak lantas membuat beliau patah semangat.
Semangat itulah yang semakin bergelora dan menjadikan cikal bakal terbentuknya Enha Corporation, yang saat ini telah menaungi beberapa cabang bisnis diantaranya seperti Enha Barbershop, Enha Mart, Enha Akademi, Enha Media, dan Enha Farm bahkan saat ini telah merambah pada bisnis kuliner.
Inovasi dan konsistensi menjadi kunci untuk membangun sebuah bisnis, sesuai dengan konsep yang beliau terapkan yaitu konsep 4×4, menurut beliau untuk membangun bisnis kita harus pertimbangkan urusan duniawi dan akhirati.
Empat konsep dasar yang pertama untuk product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Tentu sudah amat sering terdengar, terlebih yang mendapatkan mata kuliah technopreneurship pasti sudah tidak lagi asing mendengarnya.
Tetapi seringkali kita tidak jeli dengan  perubahan minat pasar yang ada dan terlena dengan kenyamanan, sehingga inovasi dan promosi yang baik juga diperlukan untuk memenuhi 4 konsep dasar tersebut.
Dalam menjalankan bisnisnya untuk mendorong engagement, Gus Ajir membuat terobosan untuk memanfaatkan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan Website, serta memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads untuk mempromosikan produk dan layanan sehingga dapat dikenal luas oleh calon konsumen.
Terbukti dengan cara tersebut, kini Enha Corp sudah dikenal oleh banyak orang.
Kemudian, konsep dasar yang keempat terakhir yaitu dengan meneladani sifat Rasulullah SAW dalam berwirausaha diantaranya; Shiddiq menurut beliau seorang wirausahawan harus memiliki kapabilitas dalam menjalankan usahanya, Amanah memiliki kecakapan dalam mengelola administrasi atau pembukuan sehingga teratur dalam mengelola keuangan, Tabligh seorang wirausahawan adalah orang yang mampu untuk berbicara dan menyampaikan gagasannya kepada orang lain dan mampu menjalin relasi luas dengan banyak orang, Fatonah seorang yang mau terus belajar dan berinovasi.
Dengan konsep tersebut, maka lengkap sudah konsep dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan.

source

Leave a Reply

About Me

Kami adalah perusahaan pemasaran sosial. Kami memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan pemasaran digital, seo dan media digital.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.