Strategi Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing pada Kerajinan Ukir Kayu (Lereng Kelir Art) di Dusun Gertas – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Hobi menulis
Selanjutnya
Tutup

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ialah perkumpulan masyarakat yang mempunyai potensi alam dan sumber daya manusia sebagai usaha baru untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
Pengembangan teknologi saat ini membawa arah positif terhadap pengembangan usaha. Khususnya yaitu pada pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan teknologi atau media sosial untuk sarana pemasaran bisnisnya.

Pengembangan teknologi saat ini membawa arah positif terhadap pengembangan usaha. Khususnya yaitu pada pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan teknologi atau media sosial untuk sarana pemasaran bisnisnya. Digital marketing atau media sosial ialah segala usaha untuk pemasaran suatu produk atau jasa yaitu menggunakan media internet. 

Strategi promosi menjadi hal penting dalam pemasaran pengenalan produk ataupun jasa, untuk itu diperlukan strategi yang tepat. Strategi pengembangan UMKM ini hanya bisa dioptimalkan oleh pelaku usaha sendiri dengan memanfaatkan media sosial yang ada contoh facebook, whatsapp, intagram, shoppe, tokopedia, dan masih banyak lagi. Pemanfaatan digital marketing membantu meningkatkan pemasaran secara online.
Strategi pemanfaatan UMKM melalui digital marketing ini dimanfaat juga oleh salah satu pemilik UMKM di dusun gertas. KKN MIT-14 kelompok 79 mengunjungi salah satu pemilik UMKM di dusun gertas yaitu kerajinan kayu.yang biasa di kenal dengan lereng kelir art. 
Lereng kelir art ini merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di dusun Gertas desa Brongkol, kecamatan Jambu kabupaten Semarang. Pemilik lereng kelir art ini bernama bapak Surya atau sering dipanggil om plonot asli warga dusun gertas kebetulan juga beliau merupakan ketua RT 05 serta ketua penanggung jawab kesenian dusun gertas, tidak hanya ukiran saja tetapi pak Surya juga memproduksi seperti jam dinding, asbak, atau bisa memproduksi sesuai pesanan. 
Yang paling di minati konsumen yaitu ukiran jam dindingnya. Beliau memanfaatkan sosial media whatsapp dan facebook untuk memasarkan produknya, tidak hanya sekitar wilayah dusun gertas saja bahkan lereng kelir art ini banyak diminati konsumen luar daerah.

source

Leave a Reply

About Me

Kami adalah perusahaan pemasaran sosial. Kami memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan pemasaran digital, seo dan media digital.

Recent Posts

Need to raise your site's score?

We have an ideal solution for your business marketing
Nullam eget felis

Do you want a more direct contact with our team?

Sed blandit libero volutpat sed cras ornare arcu dui. At erat pellentesque adipiscing commodo elit at.

Give your website a boost today!

You can configure the appearance and location of this popup in the Elementor settings.
Enter your email address to receive a free analysis about the health of your website marketing.